Connect with us

Daerah

Pasca Gempa, Warga Palu Mengeluh Soal Penjarahan dan Pencurian

JARRAK.ID

Published

on

Warga di Palu berbondong-bondong datangi mini market pasca gempa (Doc. Net)

JAKARTA – JARRAK.ID– Musibah gempa berkekuatan 7,4 SR yang mengguncang Palu, Sulawesi Tengah, mengakibatkan banyak kerusakan fisik. Bahkan, gocangan bumi itu telah memutud jalur-jalur vital logistik.

Karena itu, warga Palu kina mengaku cemas kekurangan makanan dan ketakutan adanya aksi penjarahan.

“Kami takut sekarang, toko toko minimarket banyak yang didatangi warga dan diambil makanannya,” ungkap warga Kelurahan Balaroa, Palu, Sulteng, Idha, dilansir detikcom pada Minggu (30/9/2018).

Dijelaskan Idah, air minum adalah logistik yang sangst dibutuhkan masyarskat saat ini, di samping makanan pokok lainnya. Terlebih, kata dia, tabung gas elpiji sudah mulai langka di Palu.

“Yang terpenting itu air minum. Untuk cari air minum sekarang susah di Palu dan harganya sangat mahal,” ujar Idah.

Pantauan di Palu, sebagaimana dilansir detikcom, masyarakat terus berduyun mengerumunu mini market. Kaca toko itu pecah di samping kanan dan kirinya. Bagian pintu depan mulai disesaki oleh warga. Mereka terlihat mengambil barang-barang yang berada di dalam toko tersebut.

Meski demikian, hampir semua toko-toko yang menjual kebutuhan bahan pokok masyarakat terlihat tutup. Tidak terlihat satu pun warung-warung makan yang terbuka dan melayani pembeli.

Karena terbilang langka, sebuah botol air minum 500 ml dibanderol dengan harga Rp 15 ribu. Harga roti kecil dihargai hingga Rp 10 ribu.

Berdasarkan keterangan yang dihimpun, masyarakat khawstir praktik penjarahan tidak hanya dilakukan demi makanan, tetapi juga pencurian barang-barang milik warga. Bahkan, di kawasan Sigi dan Pasangkayu, terlihat warga yang mulai memblokir akses utama jalan menuju rumah mereka.

“Situasi kan tidak terkendali Pak. Takutnya ada yang memgambil kesempatan untuk lakukan aksi pencurian,” pungkas mereka.

Baca Juga:  Kapolsek Pasirwangi Dicopot Karena Tak Mau Dukung Jokowi, Ini Kata Polres Garut

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Berita Populer