Connect with us

Daerah

Pasca Gempa Donggala, BMKG: Tsunami Sudah Berakhir

JARRAK.ID

Published

on

Ilustrasi (Doc. Net)

JAKARTA – JARRAK.ID – Gempa berkekuatan 7,7 Skala Richter (SR) yang mengguncang wilayah Donggala, Sulawesi Tengah (Sulteng) pada pukul 18:02 Wita, membuat tiga wilayah mengalami Tsunami. Namun saat ini, warning tsunami tersebut telah diakhiri oleh Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Kepala BMKG,  Dwikorita Karnawati, mengatakan ada tiga daerah yang dilanda tsunami akibat gempa Donggala, yakni Kota Palu, dan Kabupaten Donggala, yang merupakan Provinsi Sulawesi Tengah, serta Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat.

“Kita sudh mengeluarkan rilis bahwa potensi tsunami terjadi di donggala dan kota palu, kemudian di mamuju. itu yang kami catat disini,” ujarnya di Jakarta, Jumat, (28/09/2018).

Menurut Dwikorita, pihaknya memang sempat mengeluarkan peringatan tsunami, namun peringatan itu sudah sudah dicabut pasca air laut sudah surut.

“Air laut yang naik kedaratan, menjadi tidak naik lagi. Sehingga peringatan dini tsunami diakhiri,” katanya.

Senada dengan itu, Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Rahmat Triyono, menambahkan dari catatan yang ada, hingga pukul 21.00 WIB tercatat 31 kali gempa susulan, dengan pusat di Kota Palu dan Kabupaten Donggala.

“Gempa susulan berpusat di Donggala dan Palu,” imbuhnya.

Menurutnya, Palu memang mengalami tsunami yang tinggi dikarenakan bentuk yakni teluk. Akan tetapi, hingga saat ini peringatan tersebut sudah tidak ada lagi.

“Peringatan sudah berakhir,” tegasnya.

Baca Juga:  Waduh, Beredar Spanduk Habib Rizieq dan PKS Dukung Khilafah

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Berita Populer