Connect with us

Politik

Partai Golkar Usulkan Sejumlah Nama Calon Menteri Hingga Ketua DPR, Ini Daftarnya

JARRAK.ID

Published

on

Ketua Dewan Pakar Partai Golkar, Agung Laksono (Doc. Net)

JAKARTA – JARRAK.ID – Ketua Dewan Pakar Partai Golkar, Agung Laksono mengusulkan enam nama kepada Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Golkar sebagai calon menteri kabinet kerja Jokowi-KH Ma’ruf Amin periode 2019-2024.

Menurutnya, ke-enam nama tersebut merupakan tokoh yang memenuhi kriteria prestasi, dedikasi, loyalitas dan tidak tercela serta melakukan konfirmasi kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

“Kami tidak mengajukan nama formal tapi yang beredar seperti dua tokoh kita Ketum Airlangga Hartarto dan Agus Gumiwang,” katanya saat ditemui seusai rapat pleno di Gedung DPP Partai Golkar, Jakarta Barat, Selasa, (28/05/2019).

Selain itu, empat nama yang tercantum dalam usulan Dewan Pakar yakni Ilham Habibie, Ponco Sutowo, Ganjar Razuni, Indra Bambang Utoyo.

“Itu nama-nama yang beredar yang saya kira DPP (Golkar) akan menangkap dan menyeleksi. Tentu tidak bisa semua karena terbatas,” tambahnya.

Hal tersebut, lanjutnya, terbilang wajar, sebab, sebagai salah satu partai pengusung Jokowi-KH Ma’ruf Amin dalam Pilpres 2019, Partai Golkar juga turut akan memberikan sumbangsih terhadap kabinet kerja dalam periode kepemimpinan Jokowi-KH Ma’ruf Amin lima tahun kedepan.

Dewan Pakar Partai Golongan Karya (Golkar) juga mengusulkan sembilan nama untuk menempatkan posisi Ketua MPR RI maupun DPR RI.

Ia mengatakan bahwa nama-nama tersebut hanya bersifat usulan kepada Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Golkar. Mengingat partai berlogo pohon beringin ini menduduki peringkat dua dalam perhelatan Pemilu 2019.

“Ada juga untuk pimpinan MPR dan DPR kami memiliki sejumlah nama. Itu nama-nama yang beredar dan DPP (Golkar) akan menyerap,” katanya.

Lebih jauh, Agung menjelaskan bahwa posisi tersebut juga diatur dalam Undang-Undang (UU) MD3 (MPR, DPR, DPRD, dan DPD) Paslal 84 tentang komposisi DPR RI dan MPR RI.

Pasal ini meyebutkan bahwa pimpinan akan menjadi jatah pemilik kursi terbanyak di parlemen. Sedangkan, Partai Golkar meraih 85 kursi di DPR RI.

“Kami sudah nyatakan sesuai MD3 itu, ketua DPR dari partai pemenang. Kami salah satu wakil. Tapi untuk MPR, wajar lah kalau diberikan kepada Golkar. Dan saya kira koalisi bisa menerima dan Jokowi bisa memahami. Jadi tinggal bersama koalisi membentuk paketnya,” imbuhnya.

Berikut sembilan nama yang diusulkan menjadi Ketua MPR RI-DPR RI oleh Dewan Pakar Partai Golkar :

1. Zainudin Amali

2. Agung Gunandjar

3. Ferdiansyah

4. Ridwan Hisjam

5. Bambang Soesatyo

6. Ace Hasan Syadzily

7. Abdul Kahar Muzakir

8. Aziz Syamsuddin

9. Markus Melchias Mekeng

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Advertisement

Populer