Connect with us

Politik

Partai Golkar Gelar Rapat Pleno ke-21, Ini Hasilnya

JARRAK.ID

Published

on

Ketua Dewan Pakar Partai Golkar, Agung Laksono (Doc. Net)

JAKARTA – JARRAK.ID – Menanggapi perkembangan dinamika hasil Pemilu 2019, baik Pileg ataupun Pilpres Dewan Pakar Partai Golongan Karya (Golkar) menggelar rapat pleno ke-21. Hak itu dilakukan sebagai bentuk tanggung jawab Dewan Pakar DPP Golkar.

Ketua Dewan Pakar Partai Golkar Agung Laksono, mengatakan hasil dari rapat tersebut ke publik. ada enam poin yang dibahas dalam rapat tersebut.

Pertama, Dewan Pakar memberi apresiasi kepada DPP Partai Golkar atas keberhasilan menjaga kewibawaan partai secara nasional di DPR RI. Yakni posisi sebagai runner-up dalam raihan kursi DPR RI sebanyak 85 kursi.

“40 kursi diduduki oleh pendatang baru,” kata Agung di Kantor DPP Partai Golkar, ucap Agung saat ditemui di Gedung DPP Golkar, Jakarta Barat, Senin, (27/05/2019).

Kedua, Dewan Pakar memberikan dukungan sepenuhnya kepada DPP Partai Golkar untuk menunaikan sisa masa bakti periode 2014-2019 dan segera melakukan rekonsolidasi total untuk menuju Musyawarah Nasional (Munas) X pada bulan Desember 2019.

Sesuai mekanisme partai berdasarkan AD/ART dan peraturan Iainnya untuk menghasilkan jajaran Partai Golkar yang siap bekerja mewujudkan Partai Golkar sebagai Pemenang Pemilu 2024.

Ketiga, Dewan Pakar merekomendasikan perlu konsolidasi menuju 2024 itu, tidak saja di bidang internal organisasi partai, baik konsolidasi ideologis dan konsolidasi organisasi secara vertikal dan horizontal, melainkan juga konsolidasi Fraksi Panai Golkar di MPR RI dan DPR RI.

“DPP Golkar agar menempatkan kader-kader Partai Golkar pada pimpinan MPR/DPR-RI dan fraksinya serta anggota kabinet dari Partai Golkar dengan memenuhi kriteria prestasi, dedikasi, loyalitas dan tidak tercela, dengan melakukan konfirmasi kepada KPK,” tegasnya.

Keempat, Dewan Pakar memberikan apresiasi kepada KPU RI, Bawaslu RI, Polri dan TNI beserta seluruh jajarannya yang telah bekerja dengan penuh tanggung jawab dan dedikasi kepada rakyat, bangsa dan negara RI sesuai peraturan dan perundang-undangan yang berlaku.

Baca Juga:  Telan Ludah Sendiri, Presiden Lantik Komjen Iwan Bule Jadi Pj Gubernur Jabar

Sehingga seluruh rangkaian kegiatan pemilu sejak awal hingga berlangsungnya pemungutan suara, berjalan dengan tertib, Iuber, jujur dan adil sesuai dengan azaz demokrasi;

Kelima, Dewan Pakar menyerukan penegakan hukum terhadap pihak-pihak yang terlibat dalam tindakan melanggar hukum yang merugikan kepentingan umum pada tanggal 21-22 Mei 2019.

Sejalan dengan itu. kepada semua pihak diimbau untuk melakukan upaya-upaya rekonsiliasi demi mempertahankan keutuhan bangsa dan negara RI.

Keenam, Dewan Pakar mengajak seluruh komponen masyarakat dan bangsa untuk menghormati proses hukum daIam penyelesaian perselisihan hasil Pemilu di Mahkamah Konstitusi (MK RI); mengawasi proses persidangan yang dilaksanakan secara terbuka untuk umum dan; kemudian menghormati keputusan MK RI yang bersifat final dan mengikat semua pihak wajib ditegakkan sebagai komitmen bangsa menegakkan konstitusi negara secara konsisten dan konsekuen.

Golkar meyakini MK RI mampu bekerja dengan independen, tidak memihak dan tidak tunduk pada tekanan publik tetapi tunduk kepada peraturan perundangan yang berlaku.

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Advertisement

Berita Populer