Connect with us

Daerah

Parah, KPU Sumenep Tidak Sediakan TPS Khusus di RSI Garam Kalianget

HOLIDI

Published

on

RSI Garam, Kalianget, Sumenep (Doc. Net)

SUMENEP – JARRAK.ID – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Sumenep, Madura, Jawa Timur diketahui tidak menyediakan Tempat Pemungutan Suara (TPS) Khusus di Rumah Sakit Islam (RSI) Garam, Kalianget, Sumenep.

Akibatnya, pasien, keluarga, maupun pegawai rumah sakit yang sedang berjaga pada saat Pemilu 2019 tidak bisa menggunakan hak pilihnya.

Bagian Sumber Daya Manusia (SDM) RSI Garam, Miftahul Arifin mengatakan, pihaknya sudah mengkonfirmasi kepada KPUD soal TPS Khusus. Namun kata dia, memang tidak ada TPS Khusus.

“Setelah konfirmasi ke KPU, katanya memang tidak ada TPS Khusus,” kata dia saat dikonfirmasi Jarrak.id, Rabu, (17/04/2019).

Bahkan menurutnya, pasien, keluarga dan petugas yang sedang bertugas tidak dapat menggunakan hak pilihnya jika tidak membawa Form A5.

“Jadi siapapun yang mau mencoblos mesti menggunakan Form A5,” tandas dia.

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menerbitkan flyer yang berisi aturan teknis nyoblos bagi pemilih yang berada di rumah sakit. Flyer ini diharapkan mempermudah pasien, keluarga, serta pegawai rumah sakit untuk memberikan hak pilihnya.

“Sebetulnya aturan nyoblos untuk yang berada di rumah sakit tidak sama saja dengan masyarakat umum. Tapi memang ada keistimewaannya misal Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang nyamperin pasien. Ada juga TPS yang berada masih dalam kompleks rumah sakit untuk keluarga dan pegawai jadi tidak perlu jalan jauh,” kata Sekretaris Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan Masyarakat Kemenkes Agus Hadian Rahim beberapa waktu lalu.

Baca Juga:  Presiden Jokowi Minta Caleg PPP Aktif Lalulan 'Serangan Darat', Ini Maksudnya
Advertisement

Berita Populer