Connect with us

Other

Parah, Facebook Manfaatkan Nomor Pengguna Untuk Jadi Target Iklan

JARRAK.ID

Published

on

Ilustrasi (Doc. Net)

JAKARTA – JARRAK.ID – Facebook dituduh memanfaatkan nomor telefon pengguna yang seharusnya untuk keamanan, justru jadi target iklan. Padahal pengguna menyerahkan nomer telefon untuk otentifikasi, dalam rangka melindungi akun pengguna.

Dikutip melalui situs TechCrunch, Sabtu, (29/09/2018) terungkapnya kelakuan nakal Facebook berawal dari penelitian yang dilakukan akademisi di dua universitas Amerika Serikat. Mereka menjalankan studi, yang kemudian hasilnya mampu membuktikan bahwa Facebook menggunakan informasi pribadi untuk penargetan iklan pengguna.

Juru bicara perusahaan mengatakan, Facebook menggunakan informasi yang diberikan pengguna untuk menawarkan pengalaman yang lebih baik, dan lebih dipersonalisasi di Facebook, termasuk iklan. Mereka mengklaim secara jelas tentang bagaimana cara menggunakan informasi yang dikumpulkan.

“Termasuk informasi kontak yang orang unggah atau tambahkan ke akun mereka sendiri. Anda dapat mengelola dan menghapus informasi kontak yang telah Anda unggah kapan saja,” ujar juru bicara Facebook dalam pernyataannya.

Sebelumnya, beberapa waktu lalu, Facebook juga sempat menghadapi tudingan yang sama. Menurut laporan, CEO Mark Zuckerberg berpura-pura kebingungan, ketika ditanya tentang praktik penyalahgunaan data itu, oleh anggota parlemen AS awal tahun lalu. Ia mengklaim hanya mengumpulkan data untuk “tujuan keamanan”.

Facebook mengandalkan kata kunci ‘keamanan’ untuk memperluas kemampuannya dalam penargetan iklan, salah satu dalihnya ialah dengan penggunaan otentikasi dua faktor.

Baca Juga:  Mengenal Sosok I Wayan Dusak: Mantan Dirjen PAS Kemenkum HAM yang Putuskan Jadi Caleg Partai Berkarya

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Berita Populer