Connect with us

Berita

Pangdam VI Mulawarman dan Kapolda Kaltim Melepas Bara Satu Bahasa dari Balikpapan

JARRAK.ID

Published

on

Pangdam VI Mulawarman Mayjen TNI Subiyanto beserta Kapolda Kaltim Irjen Pol Muktiono memegang obor pemersatu bangsa di kawasan lapangan merdeka Balikpapan. Foto / HO Yonzipur 17/AD

JARRAK.ID – BALIKPAPAN – Setalah dilepas di kota Tarakan, Kalimantan Utara pada 2 Februari 2020 kemarin, Bara Satu Bahasa akhirnya sampai di Kota Balikpapan pada hari Minggu (23/2).

Bara Satu Bahasa itu secara langsung dilepas oleh Pangdam VI Mulawarman Mayjen TNI Subiyanto beserta Kapolda Kaltim Irjen Pol Muktiono di kawasan Lapangan Merdeka Balikpapan, Minggu (23/2).

Kegiatan rangkaian estafet obor (torch relay) Bara Satu bahasa kali ini diprakarsai oleh Gerakan Satu Nusantara.

Rencananya obor “Bara Satu Bahasa” ini kemudian akan berkeliling ke seluruh Provinsi di bagian Tengah Indonesia.

Selanjutnya bergabung dengan Obor “Bara Satu Nusa” yang berkeliling di bagian Timur Indonesia dan Obor “Bara Satu Bangsa” yang berkeliling di bagian Barat Indonesia.

Sebelumnya, kedua obor persatuan yang lainnya (Bara Satu Nusa) juga dilepas dari Kota Jayapura di Papua beberapa waktu lalu.

Sedangkan obor “Bara Satu Bangsa” dilepas dari Kota Sabang di Aceh secara bersamaan pada 2 Februari 2020 yang lalu.

Ketiga obor persatuan tersebut dijadwalkan bertemu di Jakarta pada bulan Agustus 2020 menjelang HUT Kemerdekaan RI yang ke-75.

Ketua Umum Gerakan Satu Nusantara A. Renard Widarto mengatakan rangkaian kegiatan ” Bara Satu Nusantara” ini merupakan sebuah rangkaian monumental yang mengajak seluruh generasi muda Indonesia untuk membarakan semangat persatuan dan kebangsaan.

” Bara Satu Nusantara adalah sebuah ajakan inklusif bagi generasi muda di seluruh Indonesia untuk terus bersatu dan membarakan semangat kebangsaan dan kebhinekaan,” ungkap Renard.

Kegiatan pelepasan obor pemersatu bangsa tersebut merupakan
gerakan satu nusantara sendiri yang diinisiasi oleh Ikatan Alumni SMA Taruna Nusantara bersama dengan beberapa Ikatan Alumni SMA lainnya di berbagai daerah di Indonesia.

Melalui kampanye #BedaSatukanKita, gerakan ini diharapkan mampu memposisikan diri sebagai sebuah wadah inklusif yang dapat mengajak seluruh generasi muda dari berbagai macam latar belakang yang beragam untuk membangkitkan dan memperkuat semangat persatuan dan kebangsaan pada Generasi Muda Indonesia.

“Gerakan ini adalah sebuah gerakan yang diinisiasi oleh Ikatan Alumni SMA Taruna Nusantara, dalam rangka menyambut HUT Kemerdekaan RI ke-75 dan HUT SMA Taruna Nusantara ke-30.

Dengan mengajak Ikatan Alumni SMA lainnya, komunitas dan generasi muda secara luas di seluruh Indonesia, gerakan ini bertujuan untuk menggelorakan dan memperkuat kembali semangat persatuan dan kebangsaan” Ujar David Ratadhi, Ketua Umum Ikatan Alumni SMA Taruna Nusantara.

Sementara itu, Pangdam VI Mulawarman Mayjen TNI Subiyanto beserta Kapolda Kaltim Irjen Pol Muktiono juga menyampaikan harapan yang sama melalui kegiatan obor pemersatu bangsa tersebut.

“Semoga inisiatif yang baik dari Ikastara ini dapat terus menjangkau generasi muda secara luas untuk menggelorakan semangat kebangsaan dan persatuan, dalam masyarakat yang penuh dengan keberagaman ” ujar Pangdam VI Mulawarman beserta Kapolda Kaltim. (*)

 

Editor : Uta

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Advertisement

Populer