Connect with us

Elektoral

PAN Buka Opsi Anies Baswedan dan Gatot Nurmantyo Sebagai Capres Cawapres Alternatif

JARRAK.ID

Published

on

Sekretaris Fraksi PAN DPR, Yandri Susanto (Doc. Net)

JAKARTA – JARRAK.ID – Partai Amanat Nasional (PAN) menjadi salah satu partai yang sampai sat ini belum memutuskan akan berlabuh ke kubu Jokowi atau Prabowo. Meski selama ini PAN punya hubungan mesra dengan Gerindra, namun terkait Capres-Cawapres opsional, PAN punya alternatif tersediri.

Ketua DPP Partai Amanat Nasional (PAN), Yandri Susanto menyebutkan jika nama Anies Baswedan dan Gatot Nurmantyo berpeluang menjadi kandidat Capres atau Cawapres yang diusulkan PAN pada 2019 mendatang. PAN dalam Rakernas memang sudah menentukan Zulkifli Hasan sebagai bakal Capres 2019 nanti.

“Namun, kami sadar diri bahwa suara PAN di parlemen tidak mencapai 20 persen. Makanya, kami intens komunikasi dengan Partai Gerindra untuk mengusung Prabowo Subianto-Zulkifli Hasan,” kata Yandri dalam diskusi bertajuk ‘Menakar Arah Koalisi Parpol pada Pemilu 2019 Pasca Pilkada Serentak 2018’, di Jakarta, Selasa, (10/06/2018).

Yandri kemudian mengatakan kalau seandainya harus memilih calon diluar partai, maka nama Anies dan mantan Panglima TNI Gatot Nurmantyo akan menjadi pertimbangan PAN untuk dimajukan dalam Pilpres 2019 nanti.

“Bisa Anies-Gatot atau Gatot-Anies. Namun, kedua nama tersebut masih dalam pembahasan antara Gerindra dan PAN. Kecenderungan PAN mengusung calon di luar Jokowi,” ujarnya.

Terkait wacana duet Prabowo-Anies, PAN menyambut baik wacana tersebut. Bahkan Yandri pun mengatakan partainya akan siap mendukung jika Anies benar-benar akan maju menjadi pendamping Prabowo.

PAN diketahui juga intens menjalin komunikasi dengan partai-partai lain diluar kubu Prabowo. Salah satunya adalah Golkar. Bahkan potensi PAN dan Golkar untuk berkoalisi sangat memungkinkan.

“PAN-Golkar juga punya peluang membentuk koalisi. Ini lantaran jumlah kursi PAN dan Golkar cukup untuk mengusung pasangan capres-cawapres sesuai dengan ambang batas capres atau presidential threshold sebesar 20 persen berdasarkan amanat UU Pemilu,” tandasnya.

Baca Juga:  Klaim Dirikan PBB, Yusril Tantang Prabowo Sumpah Pocong

 

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Berita Populer