Connect with us

Mancanegara

Organisasi Seni Israel Kunjungi Indonesia Bawa Pesan Damai

JARRAK.ID

Published

on

JAKARTA – JARRAK.ID – Sebuah oragnisasi advokasi Israel, yang menamakan Artis 4 Israel (A41) melakukan kunjungan ke Indonesia. Organisasi yang berfokus pada seni tersebut, mempromosikan Israel dan berkampanye hidup berdampingan melalui seni.

Organisasi tersebut tergolong nekat dan memberanikan diri mengambil sebuah proyek baru di Indonesia, yang selama ini dinggap mustahil dan pasti mendapat kecaman.

Indonesia menjadi pemeluk agama Islam terbesar di dunia, dari dulu tidak memiliki hubungan diplomatik. Menurut sebuah jajak pendaat BBC, sekitar 75 persen warga Indonesia tidak memandang Israel dengan baik karena berbagai alasan.

Namun, berbagai kesan itu tidak menghentikan direktur organisasi tersbut, Craig Dershowitz untuk tetap mengambil projek di Indonesia.

“Art adalah ciptaan. Kelahiran kembali. Ini adalah kekuatan paling kuat di bumi. ‘Artis for Israel’ memanfaatkan kekuatan itu untuk membuat Israel cantik dan baru di mata dunia,” kata Dershowitz kepada The Jerusalem Post, Sabtu (24/02/18).

“Kebencian dan intoleransi Israel itu nyata, tapi begitu juga kekuatan untuk mengakhiri,” tambahnya.

Selama berkunjung ke Indonesia, Dershowitz mengaku tak bebas dari masalah. Salah satu organisasi yang bekerja dengan A41 di Yogyakarta telah meminta agar siaran pers mereka menanggalkan nama organisasi pimpinan Dershowitz tersebut. Alasannya, karena dapat membahayakan karyawan atau keluarga mereka.

Sementara untuk membendung pergolakan, Israel Public Affairs Comitte (IIPAC) memperingatkan masyarakat Indonesia agar mengedapankan perdamaian kala berbicara soal Israel. Mereka meminta Indonesia tidak terus menyudutkan Israel. IIPAC merujuk polemik kunjungan sejumlah tokoh Indonesia ke Israel yang kemudian memantik protes masyarkat.

Direktur Indonesia Israel Public Affair Comitte (IIPC), Benjamin Kethang mengatakan jangan sampai Indonesia memancing peperangan. “Perang yang saya maksud itu, misalanya kita disabotase telekomunikasi, teknologi. Karena kita tahu siapa yang mengusai itu (Israel dan Yahudi),” ucap Benjamin.

Baca Juga:  Pertama Kalinya Warga Arab Saudi Merayakan Valentine

Dalam pernyataannya, dia pun memperingatkan agar Indonesia jangan terus menghujat Yahudi dan Israel. Menurutnya, selama ini Israel masih melihat Indonesia sebagai negara merdeka dan berdaulat.

Selama di Indonesia, seperti kata Dershowitz, kedelapan seniman internasioanl tersebut  akan mengunjungi Bali, Yogyakarta dan Timor Timur (Timor Leste). Mereka bekerja dnegan 15 seniman Indonesia untuk melukis.

Perjalanan ini, merupakan bagian dari program Artists for Israel “Art Over Hate” tersebut bertujuan untuk mempertemukan individu-individu dari berbagai agama untuk mempromosikan koeksistensi melalui seni.

Selanjutnya, A41 akan melanjutkan perjalanannya ke Afrika Seatan, Ingris dan Portugal untuk mempromosikan pesan damai dan koeksistensi yang sama melalui seni.

A41 akan mengoperasikan beberapa program lain, termasuk “Healing Arts Kits” yang menggunakan seni untuk membantu anak-anak yang menderita gangguan stres pascatrauma, dan “Healing Ink” yang menolong korban selamat dari serangan teror.

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Populer