Orang Terkaya Indonesia Siap Bangun Rumah Bagi Korban Gempa Palu

2 min read

JAKARTA – JARRAK.ID – CEO Mayapada Group sekaligus salah satu orang terkaya di Indonesia, Dato Sri Tahir berencana membangun rumah bagi para korban gempa dan tsunami di Palu, Sulawesi Tengah (Sulteng). Tahir mengaku ikut prihatin dengan kondisi yang dihadapi pra korban.

Hal itu dia sampaikan setelan berkomunikasi dengan Gubernur Sulteng Longki Djanggola. Dalam pertemuan tersebut Longki menyampaikan ada 2 lokasi perumahan yang rusak parah.

“Di sini ada 2 lokasi parah perumahannya, cuma masih proses evakuasi. Diselesaikan dulu baru setelah itu bisa ditetapkan (pembangunannya). Tapi 2 lokasi itu tidak mungkin lagi dibangun. Harus relokasi, memang belum bisa sekarang. Kalau Pak Tahir mau bantu setelah evakuasi,” kata Longki di Palu, Selasa, (02/10/2018).

Bukan hanya siap membangun rumah, Tahir juga siap membangun mata pencahariannya bagi warga yang terdampak musibah tersebut.

“Kalau dari kami Tahir Fondation kita tidak hanya mau bangunkan rumahnya. Kalau bisa membangun mata pencahariannya,” jelas Tahir.

Terkait bantuan rumah tersebut, Tahir menilai ada teknologi pembangunan rumah yang hanya membutuhkan waktu 3 bulan, yakni konsep bongkar pasang (knock down). Konsep tersebut bisa diaplikasikan di Palu.

“Jadi kalau tempat tinggal kan relatif ya. Usul saya sekarang kita ada rumah knock down itu cepat 3 bulan selesai, bisa tahan 25 tahun,” sebutnya.

“Kalau knock down rata rata tahan gempa, bisa tahan 25 tahun, cukup baik lah,” sambungnya.

Tahir mengupayakan akan membangunkan sejumlah rumah yang rusak akibat bencana itu hingga selesai.