Ombudsman Panggil Dirjen Imigrasi terkait Harun Masiku

1 min read

Jakarta, JARRAK.ID —  Ombudsman Republik Indonesia memanggil Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) Yasonna Hamonangan Laoly, Senin (27/1/2020) untuk meminta keterangan terkait tersangka kasus pergantian antar waktu (PAW) Caleg PDIP  Harun Masiku  yang saat ini masih belum diketahui keberadaannya.

Komisioner Ombudsman, Adrianus Meliala mengatakan, Menkumham tidak dapat hadir memenuhi panggilan hari ini dan diwakilkan oleh Direktur Jenderal (Dirjen)  Imigrasi Kementerian Hukum dan Ham (Kemenkumham) Ronny Franky Sompie.

Dia tidak menjelaskan detail alasan Yasonna tidak hadir memenuhi panggilan Ombudsman. “Dirjen Imigrasi (Ronny Franky Sompie) yang hadir,” ujar Adrianus melalui pesan singkat, Senin (27/1/2020).

Komisioner Ombudsman lainnya, Ninik Rahayu ketika dikonfirmasi tidak mempersoalkan Yasonna diwakilkan oleh Dirjen Imigrasi. Menurutnya, pemanggilan Ombudsman bukan bersifat perorangan di Kemenkumham.

“Kami memanggil Imigrasi. Bukan satu orang saja,” kata Ninik.

Sebelumnya, Imigrasi Kemenkumham mengungkapkan Harun Masiku berada di luar negeri. Pernyataan itu kemudian diklarifikasi setelah tersebar gambar Harun Masiku tengah melintas terekam kamera pengintai (CCTV) di Terminal 2F Bandara Soekarno Hatta (Soetta).
(Gebe’es)