Connect with us

Bisnis

Oktober 2018, Depo Kereta Api Cipinang Siap Beroperasi

JARRAK.ID

Published

on

JAKARTA- JARRAK.ID- Pembangunan Depo Kereta Api Cipinang sudah mencapai 97 persen. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mematok terget, depo kereta api tersebut bisa beroperasi tahun ini.

“Ditargetkan Oktober 2018 ini bisa selesai,” jelas Budi ketika meninjau pembangunan Depo Kereta Api Cipinang, Jakarta, Ahad, (18/2/18) lalu.

Pembangunan Depo tersebut dimaksudkan nantinya sebagai tempat untuk memeriksa kelayakan kereta api untuk tujuan jarak jauh.

“Untuk melihat fungsi daripada lokomotif, fungsi dari rangkaian atau gerbong, dan tingkat kesehatan kereta api itu sendiri,” ungkap Menteri Budi Karya Sumadi.

Pemeriksaan dan perawatan kereta api di Depo tersebut, ungkap Budi, adalah bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan.

“Crew kereta api juga bisa istirahat dulu di sini,” tuturnya.

Sejauh ini, jelas Budi, lokasi dan kapasitas yang dimiliki Depo Cipinang dua kali lebih luas jika dibandingkan dengan Depo Jatinegara. Sehingga semua kereta api yang beroperasi dapat diperiksa di Depo tersebut.

“Artinya safety kereta api akan lebih terjaga,” tukasnya.

Pembangunan Depo Cipinang akan selesai berbarengan  dengan pembangunan lima stasiun lainnya, yaitu Stasiun Klender, Klender Baru, Cakung, Kranji, dan Buaran Baru.

Stasiun Klender, setengah tahun lalu, pernah terbakar dan merusak seleuruh bangunan. Ludesnya seluruh bangunan karena dilalap api tersebut, tidak bisa menyelamatkan berbagai dokumen dan barang penting lainnya.

“Kami hanya bisa menyelamatkan beberapa dokumen dan barang penting,” keterangan satpam PT KAI Commuter Jabodetabek (KCJ), Yusuf Fauzie, di lokasi kebakaran 19 Mei 2017 silam.

Kebakaran tersebut diduga karena korsleting listrik yang menimbulkan percikan api. Adapun barang-barang penting yang sempat diselamatkan, diantaranya sejumlah berkas, komputer, alat cetak, televisi, dan lain-lain.

Waktu api sudah padam, atap dan gedung kantor stasiun sudah ambruk. Yang tersisa adalah arang dari semua rangka bangunan kecuali dinding batu, jendela yang terbuat dari bahan kayu, plafon, dan juga kusen menjadi arang hatam.

Baca Juga:  DJ Butterfly Ogah Pamer Belahan Dada Lagi

Namun saat ini, kabar baik dari Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi tersebut menjadi nafas segar bagi pembangunan kereta api di Jakarta. Setidaknya kereta api terus berbenah untuk lebih baik sebagai lokomotif transportasi publik.

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Populer