Connect with us

Berita

NEW NORMAL MEMBUKA HARAPAN BARU UNTUK PEMULIHAN EKONOMI NASIONAL

JARRAK.ID

Published

on

Oleh: I Wayan Suartika,S.Ag.,M.Ag/Ketua Umum Aliansi Pemuda Hindu Bali

NEW NORMAL dalam pandangan saya, merupakan salah satu kebijakan yang akan diambil oleh pemerintah. Setelah membaca, new normal akan diterapkan setelah PSBB berakhir.

Sebelum penerapan New normal sendiri pastinya sudah dikaji terlebih dahulu, sama seperti yang disampaikan oleh Presiden RI Joro Widodo yan akrab disapa Jokowi bahwa semua melalui tahapan-tahapan yang ketat, menggunakan keilmuan yang ketat. Selain itu protokol yang diatur dalam kebijakan new normal ini sudah mencakup berbagai bidang antara lain: protokol kegiatan ASN dan Pemda, Kepmen memuat protokol kegiatan di tempat umum.

Protokol kegiatan umum itu meliputi protokol layanan kesehatan, protokol kegiatan di luar rumah, protokol di tempat bekerja, protokol layanan pendidikan dan sekolah pada masa transisi hingga diterapkannya protokol normal baru. Kemudian protokol perjalanan dinas/bisnis, protokol penyelenggaraan acara (pernikahan, ibadah, konser, acara olahraga), protokol pusat keramaian (pasar, mal, pertokoan), dan protokol transportasi.

Sudah banyak hanya saja belum secara detail dijelaskan protokol ini seperti apa, selain itu untuk memunuhi kriteria menerapkan kebijakam ini perlu adanya indikator yang pergunakan. Ada 3 indikator antara lain surveilance yakni cara menguji seseorang atau sekelompok kerumunan apakah dia berpotensi memiliki COVID-19 atau tidak sehingga dilakukan tes masif.

Yang kedua, menggunakan indikator sistem kesehatan yakni seberapa tinggi adaptasi dan kapasitas dari sistem kesehatan bisa merespons untuk pelayanan COVID-19. dan yang ketiga, tidak menambah penularan atau memperluas penularan atau semaksimalnya mengurangi penularan.

Terkait hal ini saya berharap bahwa nantinya new normal dapat memberikan dampak yang terbaik buat masyarakat, dan dapat meminimalisir penularan COVID-19 dengan tetap menjalankan protokol kesehatan. Masyarakat pun semoga nantinya sadar bahwa new normal ini bukan kebebasan yang bisa dilakukan tanpa protokol kesehatan.

Selain itu new normal ini membuka harapan baru untuk pulihnya kondisi ekonomi masyarakat di segala bidang. Karena faktor ekonomi ini juga menjadi dampak yang mengerikan ketika pandemi ini semakin merambah dan makin banyak orang terjangkit tidak bisa mengatasi masalah yang terjadi akibat pandemic.

Terjadi sebuah situasi yang dilematis.Sebab pemerintah memiliki kwajiban untuk melindungi warga dengan himbauan, naumnn masyarakat pun harus memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari yang tidak bisa dipenuhi oleh pemerintah. Ada dilema ketika tindakan pemerintah tidak tepat dalam penanganan pandemi ini. saya berharap dengan status new normal keadaan segera pulih tetapi kita tetap waspada karena musuh ini dapat menyerang kapan saja. ***

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Advertisement

Populer