Connect with us

Daerah

Namanya Diseret dalam Pusaran Kasus Suap PLTU Riau, Airlangga Siap Dipanggil KPK

JARRAK.ID

Published

on

Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartanto (Doc. Net)

JAKARTA – JARRAK.ID – Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartanto mengaku siap dipanggil Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) soal dugaan keterlibatannya dalam kasus suap PLTU Riau-1.

“Sepenuhnya kita serahkan pada proses yang berjalan. Demikian pula pertanyaan terkait prosedur hukum,” kata Airlangga di Kantor DPP Golkar, Jakarta, Rabu, (26/09/2018).

Airlangga kembali membantah bahwa ada uang haram PLTU Riau yang digunakan untuk pembiayaan Munaslub Partai Golkar tahun 2017 lalu di Bali. Pasalnya kata Airlangga, semua pembiayaan partai sudah diatur dalam peraturan organisasi yang sesuai dengan mekanisme pertanggungjawaban pengelolaan keuangan.

Airlangga juga membantah memerintahkan kader Golkar mencari uang dengan cara-cara menyimpang dan melanggar hukum, yang digunakan sebagai pembiayaan partai.

“Saya tidak pernah memerintahkan atau meminta kader-kader partai Golkar atau siapapun untuk mencari dana yang tidak benar, atau melanggar hukum untuk kepentingan atau kegiatan partai Golkar,” kata Airlangga.

Sementara itu, Ketua DPP Golkar Ace Hasan Syadzily menyatakan sebagai warga negara yang taat hukum, Airlangga akan mematuhi proses yang berjalan di KPK.

“Sebagai warga negara bukan hanya dalam hal ini. Dalam hal apapun, yah kalau memang konteksnya untuk penegakan hukum ya pasti akan siap dong,” kata Ace terpisah.

Namun Ace tidak mau berkomentar lebih jauh soal rencana pemanggilan itu. Karena kata Ace, Airlangga sudah membantah pernah bertemu dengan dua tersangka kasus itu, Eni Maulani Saragih dan Idrus Marham, untuk membahas proyek PLTU Riau-1.

“Ya kita tidak berandai-andai karena tadi sudah dibantah ketua umum. Bahwa tidak ada pertemuan yang membicarakan soal proyek PLTU itu ya,” ujarnya.

Sebelumnya KPK memang berencana untuk memanggil Airlangga dalam kasus suap PLTU Riau. Karena berdasarkan penyidikan kata KPK, penyidik bisa memanggil siapapun terkait dengan pengembangan kasus.

Baca Juga:  Keterlaluan! Perempuan Ini Dipukul Pakai Balok Saat Sedang Salat di Masjid

“Itu nanti selalu yang namanya penyidik punya rencana, berdasarkan pengembangan hasil penyidikannya dia selalu akan menemukan siapa lagi yang akan dipanggil,” kata Ketua KPK Agus Rahardjo di Gedung KPK, Jakarta, Kamis (20/09/2018).

Agus belum bisa memastikan kapan Airlangga yang juga Menteri Perindustrian bakal dipanggil penyidik lembaga antirasuah. Menurut Agus, pemanggilan seseorang sebagai saksi tergantung pada kebutuhan penyidikan.

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Berita Populer