Connect with us

Other

Muncul Uban di Usia Muda? Ini Penyebabnya

JARRAK.ID

Published

on

Ilustrasi (Doc. Net)

JAKARTA – JARRAK.ID – Tumbuh uban di rambut identik dengan menuanya seseorang. Umumnya, rambut beruban mulai muncul pada usia 30-an.

Namun, ada juga yang mulai banyak beruban di usia muda pada usia 20-an. Apa yang menyebabkan beruban di usia muda? Berikut beberapa faktor munculnya uban di usia muda.

1. Stres

Stres menyebabkan macetnya produksi melanin yang merupakan pigmen alami pewarna rambut. Melanin sendiri dihasilkan oleh sel melanosit. Rambut yang berubah warna menjadi putih karena melanosit dalam tubuh tidak memproduksi melanin dalam jumlah yang cukup.

Biasanya macetnya produksi melanin ini hanya bersifat sementara. Jika faktor penyebab stres hilang, maka produksi melanin kembali normal dan rambut hitam kembali muncul di kepala.

2. Gizi Buruk

Gizi buruk juga menjadi salah satu penyebab tumbuhnya uban di usia muda. Asupan makanan yang tidak seimbang menyebabkan tubuh kekurangan gizi dan mempengaruhi kesehatan rambut.

3. Faktor Gen

Munculnya uban pada usia muda bisa diwariskan dari orang tua ke anak. Orang tua yang memiliki masalah rambut beruban saat masih muda, kemungkinan besat masalah tersebut menurun pada anaknya.

4. Masalah Kesehatan

Dalam beberapa kasus, meski jarang terjadi, beruban lebih awal bisa jadi tanda adanya masalah kesehatan. Penyakit itu antara lain, vitiligo atau kondisi kulit yang kehilangan pigmentasi, anemia pernisiosa, yaitu ketika tubuh sulit menyerap vitamin B12, dan masalah kelenjar tiroid.

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Advertisement

Populer