Connect with us

Politik

Mulai Tahun Depan, Jokowi Akan Gaji 2 Juta Pengangguran di Indonesia

JARRAK.ID

Published

on

Presiden Joko Widodo (Doc. Net)

JAKARTA – JARRAK.ID – Menteri Ketenagakerjaan, M Hanif Dzakiri menargetkan tahun depan ada 2 juta pengangguran di Indonesia yang mendapatkan program kartu pra kerja.

Menurut dia, karti pra kerja merupakan salah satu terobosan dalam periode kedua pemerintahan Presiden Joko Widodo.

“2 juta orang kartu pra kerja, 2 juta orang yang akan dilatih melalui kartu pra kerja,” kata Hanif di Kompleks DPR RI, Jakarta, Jumat (16/08/2019).

Dengan demikian, maka 2 juta pengangguran akan mendapatkan gaji dari pemerintah.

Hanif menceritakan, pelaksanaan program kartu pra kerja sejalan dengan fokus pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang tengah meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM), mulai dari pelatihan vokasi hingga sertifikasi profesi melalui balai latihan kerja pemerintah maupun swasta.

“Salah satu implementasi konkretnya adalah kartu pra kerja di 2020,” ungkap dia.

Dapat diketahui, ada tiga kelompok yang bisa masuk dalam program kartu pra kerja. Pertama, para pencari kerja dalam hal ini masyarakat yang baru lulus sekolah baik SMA maupun perguruan tinggi. Kedua, mereka yang membutuhkan peningkatan keterampilan (upskilling) dan ketiga, para korban PHK.

Di dalam kartu pra kerja ada beberapa fasilitas yang bisa dimanfaatkan oleh para penerima, mulai dari pelatihan selama tiga bulan lalu mendapat sertifikasi dan mendapat insentif usai pelatihan.

Lalu, untuk peningkatan keterampilan dilakukan selama dua bulan dan bagi pekerja yang menjalani itu akan mendapat insentif pengganti karena selama pelatihan tidak diberi upah oleh perusahaan.

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Advertisement

Populer