Connect with us

Daerah

Mulai Sekarang Iklan Bermuatan Politik ‘Haram’ Tayang di YouTube

JARRAK.ID

Published

on

JAKARTA – JARRAK.ID – YouTube Indonesia resmi mengeluarkan regulasi baru yang melarang penayangan konten bermuatan politik dalam iklan situs berbagi video tersebut. Sedangkan untuk konten tak berbayar soal politik masih diperbolehkan.

Basicly, tidak diperbolehkan iklan politik (di YouTube),” ujar Head of Marketing Google Indonesia, Veronica Utami ditemui di Jakarta, Rabu, (09/05/2018).

Selain di Indonesia iklan politik juga resmi dilarang di beberapa negara. Larangan ini dianggap YouTube memang sangat pantas untuk dilakukan di Indonesia.

Untuk konten di channel masing-masing, jika ada yang berbau politik masih diperbolehkan oleh Youtube. Veronica menambahkan asal tidak melanggar guideline seperti tidak ada isu rasis atau hatespeech, dan konten negatif maka tidak akan jadi masalah.

Dalam 10 iklan paling populer tahun lalu sebagaimana dipilih oleh YouTube Indonesia sebagian besar didominasi iklan dengan genre komedi. Lazimnya para pengiklan menggandeng youtubers Indonesia agar kontennya dilirik para pengguna jejaring YouTube.

Salah satunya dilakukan Smartfren yang menggunakan Saaih Halilintar sebagai bintang iklannya. Senior Manager Digital Operation Growmint, Fikri Hidayat Rangkuti menyatakan nilai jual Saaih juga jadi modal awal agar iklan mau ditonton pengguna Youtube. Growmint sendiri merupakan agency yang membuat iklan Smartfren dengan Saaih.

Brand juga menyesuaikan dengan talent-nya, bukan talent yang menjadi karakter brand tersebut,” jelas Fikri.

Veronica menyebutkan bahwa membuat iklan adalah mengerti semua pihak yang terlibat, termasuk penonton iklan tersebut. Pengiklan juga harus mengubah konten yang diminati untuk bisa dijadikan iklan yang menarik ditonton.

“Mengerti penonton. Apa yang lagi mereka nikmati. Iklannya ada yang Korean drama dan komedi, popular culture paling kenanya (dengan penonton),” tutur Veronica..

 

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Advertisement

Populer