Connect with us

Berita

MOMENTUM HUT KOTA SINGARAJA KE-416: BANGKIT DAN BERJUANG BERSAMA HADAPI COVID-19

JARRAK.ID

Published

on

SINGARAJA-JARRAK.ID – Tepat pada Hari Senin, 30 Maret 2020, Kota Singaraja berumur 416 tahun. Tidak seperti biasanya, perayaan dilakukan secara sederhana dan di rumah masing-masing karena adanya wabah virus corona (COVID-19).

Momentum HUT Kota Singaraja ke-416 tahun 2020 di tengah wabah ini diharapkan mampu membangkitkan semangat masyarakat Buleleng untuk bersama melawan COVID-19.

Harapan dan ajakan tersebut diungkapkan Bupati Buleleng, Putu Agus Suradnyana, ST, saat memberikan ucapan selamat HUT Kota Singaraja ke 416 tahun 2020, Minggu (29/3/2020).

Bupati Agus selaku kepala daerah dan pribadi bersama masyarakat pada kesempatan ini mengucapkan Selamat HUT Kota Singaraja ke 416. Perayaan kali ini sungguh berbeda. Mengingat saat ini dunia termasuk Buleleng sedang menghadapi wabah Covid-19. “Wabah ini sangat mengganggu sehingga kita perlu bersatu dan merayakan HUT Kota Singaraja ke-416 ini dengan sederhana serta dari rumah masing-masing,” ucapnya.

Situasi yang dihadapi saat ini memang sulit dan membentuk suatu kekhawatiran di masyarakat. Namun, dengan momentum HUT KOta Singaraja ke 416 ini, bisa dimanfaatkan dengan rasa kebersamaan. Kekuatan dan kebersamaan ini merupakan senjata yang ampuh untuk menghadapi permasalahan seperti sekarang. “Mari kita bersatu dan bersama menghadapi wabah Covid-19 ini,” ujar Bupati Agus.

Bupati Agus pun berharap wabah COVID-19 cepat berakhir. Begitu pula dengan seluruh masyarakat Buleleng untuk bangkit dan semangat menjalani kehidupan. Seperti apa yang telah dilakukan oleh pendiri Kota Singaraja pada 416 tahun yang lalu. “Sekali lagi mari bersama terus berjuang untuk meraih kesejahteraan masyarakat Buleleng,” ajak Bupati Agus.

Dia mengungkapkan, ada beberapa capaian di tahun 2019 yang bisa dijadikan refleksi pembangunan di tahun 2020. Pada tahun 2019, Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Buleleng mencapai angka 72,30. Capaian ini melebihi target yang tercantum di Rencana PEmbangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) tahun 2019 sebesar 72,09. “Angka ini juga menunjukkan IPM Kabupaten Buleleng termasuk pada kategori IPM tinggi,” ungkap Agus.

Untuk pembangungan fisik seperti infrastruktur, Pemkab Buleleng telah memperbaiki jalan kabupaten dengan hasil kondisi mantap sebesar 76,39 persen. Hasil ini melebihi target RPJMD tahun 2019 sebesar 73 persen. Begitu pula dengan irgasi yang sudah dalam kondisi mantap sebesar 74,78 persen pada tahun 2019 melebihi target RPJMD 2019 sebesar 74,72 persen.

Dalam bidang pendidikan, Pemkab Buleleng meraih beberapa capaian. Diantaranya, angka melek huruf penduduk usia 15-24 tahun perempuan dan laki-laki sebesar 99,81 persen. Ini sesuai dengan target RPJMD 2019. Penduduk yang berusia lebih dari 15 tahun tidak buta aksara sebesar 99,79 melebihi target RPJMD 2019 sebesar 99,51 persen. Angka PArtisipasi KAsar (APK) SD/MI/PA sebesar 103,75 persen dari target RPJMD 2019 sebesar 100 persen. Sedangkan APK SMP/Mts/PB sebesar 98,12 persen.

Untuk Bidang Kesehatan, rumah tangga yang sudah menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) sebesar 83 persen. Angka usia harapan hidup mencapai 71,68 tahun.

“Beberapa capaian tersebut menjadi acuan bagi kita untuk bekerja lebih baik lagi di tahun-tahun yang akan datang. Tentunya di momen HUT Kota Singaraja ke 416 tahun 2020 ini, kita jadikan penyemangat bekerja keras untuk kesejahteraan masyarakat Buleleng,” imbuh Agus Suradnyana.

Sementara itu, Wakil Bupati Buleleng, dr. I Nyoman Sutjidra, Sp.OG juga mengajak dengan momentum HUT Kota Singaraja ke 416 ini, masyarakat terus bisa meningkatkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Dengan berbagai fasilitas kesehatan yang sudah disiapkan, tidak akan ada artinya jika masyarakat belum menerapkan PHBS di rumah masing-masing. Ini diperlukan mengingat PHBS sangat membantu menjaga kesehatan dan ketahanan tubuh.

“Mari terus galakkan PHBS apalagi di saat wabah Covid-19 sedang menyebar seperti sekarang. Saya juga mengucapkan Selamat HUT Kota Singaraja ke 416 tahun 2020. Tetap bersemangat walaupun dirayakan dengan sederhana di tengah wabah yang mendera,” pungkasnya.

Penulis: Francelino
Editor: Jering Buleleng

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Advertisement

Populer