Connect with us

Other

Minuman Ini Bisa Atasi Penyakit Asam Lambung

JARRAK.ID

Published

on

Ilustrasi (Doc. Net)

JAKARTA – JARRAK.ID – Seseorang yang menderita gangguan asam lambung tak bisa sembarangan mengonsumsi makanan dan minuman.

Jika tak hati-hati, asam lambung bisa tinggi dan tentu berisiko untuk kesehatan. Bagi Anda yang memiliki gangguan asam lambung, ada beberapa minuman sehat untuk asam lambung yang aman dan ampuh meredakan gejalanya.

Berikut adalah berbagai minuman untuk asam lambung yang terbukti dapat mengurangi gejala asam lambung, dilansir dari Hello Sehat.

1. Teh herbal

Kalau Anda merasa asam lambung sedang naik, coba redakan gejalanya dengan minum teh herbal. Teh herbal dapat membantu memperlancar sistem pencernaan dan meredakan rasa mual yang Anda rasakan. Perlu dicatat bahwa tidak semua teh herbal boleh Anda konsumsi.

Pilih teh herbal yang bebas kafein, seperti teh chamomile dan licorice. Teh licorice alias akar manis bermanfaat untuk meningkatkan lapisan lendir di esofagus sehingga terlindungi dari iritasi akibat asam lambung.

Jenis teh herbal yang tidak boleh dikonsumsi oleh penderita asam lambung adalah teh dari daun peppermint. Ini karena peppermint dapat memicu refluks asam lambung bagi beberapa orang yang sistem pencernaannya cenderung sensitif. Meski demikian, tetap konsultasikan ke dokter terlebih dahulu sebelum Anda memutuskan untuk minum teh herbal.

2. Susu rendah lemak atau susu skim

Susu sapi umumnya tidak dianjurkan untuk penderita asam lambung. Ini karena susu sapi mengandung tinggi lemak sehingga lebih sulit dicerna. Selain itu, kandungan lemak dalam susu sapi juga dapat melunakkan katup atau sfingter esofagus dan membuka jalan bagi asam lambung untuk naik ke kerongkongan.

Kalau Anda ingin tetap minum susu, maka pilihlah susu rendah lemak atau susu skim agar lebih mudah dicerna. Dengan begitu, katup kerongkongan (sfingter esofagus) akan tetap aman saat menahan asam lambung naik.

3. Susu nabati

Susu nabati adalah salah satu minuman untuk asam lambung yang baik dikonsumsi. Jenis susu nabati yang bisa Anda pilih di antaranya adalah susu kedelai, dan susu almond.

Susu almond, contohnya, mengandung sifat basa yang dapat membantu menetralkan cairan asam lambung dan meredakan gejalanya. Sementara itu, dilansir dari laman Healthline, susu kedelai dinilai sebagai minuman untuk asam lambung yang paling aman.

Pasalnya, susu kedelai mengandung lebih sedikit lemak dibandingkan jenis susu lainnya sehingga dapat mencegah naiknya asam lambung.

4. Smoothie

Smoothie adalah salah satu minuman untuk asam lambung yang baik untuk dikonsumsi. Selain mengandung lebih banyak vitamin dan mineral, minuman ini juga tidak membuat asam lambung Anda cepat kambuh.

Saat membuat smoothie, gunakan buah yang tidak mengandung banyak asam, seperti buah pir atau semangka. Anda juga mencampurkannya dengan bayam agar semakin ampuh menjaga kadar asam lambung Anda tetap normal.

5. Air putih

Rutin minum air putih adalah cara yang paling sederhana untuk mencegah asam lambung kambuh. Meski Anda dianjurkan untuk minum air putih, Anda tetap perlu membatasi air putih yang Anda minum. Pasalnya, terlalu banyak minum air putih dapat mengganggu keseimbangan mineral dalam tubuh dan meningkatkan kemungkinan terjadinya refluks asam lambung.

6. Air kelapa

Air kelapa menjadi salah satu minuman sehat untuk asam lambung yang baik dikonsumsi. Air kelapa mengandung tinggi kalium yang bermanfaat untuk menjaga keseimbangan pH dalam tubuh. Dengan demikian, kadar asam lambung Anda menjadi lebih mudah dikendalikan dan mengurangi risiko refluks asam lambung.

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Advertisement

Populer