Connect with us

Bisnis

Menteri Susi Larang Masyarakat Minum Air Mineral Kemasan, Kenapa?

JARRAK.ID

Published

on

Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti (Doc. Net)

JAKARTA – JARRAK.ID – Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti melarang masyarakat membeli air mineral dalam kemasan plastik. Bukan karena hal tersebut berbahaya, namun Susi sedang genjar mengkampanyekan pengurangan penggunaan plastik di masyarakat.

Hal itu diungkapkan Susi dalam acara Pandu Laut Nusantara yang digelar di ajang Hari Bebas Kendaraan Bermotor atau CarFree Day (CFD) Sudirman-Thamrin.

“Mulai hari ini tidak boleh beli air mineral dalam botol plastik, pakai tumbler sendiri,” kata Susi di depan Menara BCA, Sudirman, Jakarta Pusat, Minggu, (15/07/2018).

“Juga jangan pakai kantong kresek dan sedotan plastik,” tambah Susi didepan masyarakat yang hadir.

Persoalan sampah menurut Susi merupakan  masalah yang kompleks. Tak hanya di darat, bahkan Susi juga menyebut jika di laut berton-ton sampah menumpuk dan membuat laut tercemar. Apalagi menurutnya Indonesia menjadi salah satu negara di dunia  yang menyumbang sampah plastik paling banyak.

“Jadi mulai sekarang juga kurangi sampah plastik di laut,” kata Susi menghimbau.

Tak hanya Susi, dalam aksi kampanye yang  diselenggarakan oleh Pandu Laut tersebut hadir pula sejumlah kelompok masyarakat dan aktivis pecinta alam. Salah  satu yang nampak hadir dalam  acara tersebut adalah personil grup band Slank Kaka dan juga Ridho.

Oleh karena  itu, Susi mengajak kepada semua elemen masyarakat untuk untuk turut serta membantu pemerintah dalam mengkampanyekan pengurangan penggunaan  sampah plastik. Terutama untuk tidak membuang sampah di laut.

Ridho yang hadir dalam kesempatan  tersebut juga menekankan betapa bahayanya sampah plastik. Sehingga menurutnya persoalan sampah harus jadi perhatian bersama. Apalagi Ridho yang punya hobi diving ini seringkali menjumpai secara langsung begitu banyak sampah di laut meski sudah masuk kedalaman 40 meter.

Baca Juga:  Jokowi Ngotot Izin Usaha Kudu Hitungan Jam

“Apalagi sekarang bentuknya sudah mikro bahkan nano plastik,” ujar Ridho.

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Berita Populer