Connect with us

Bisnis

Menteri ESDM Beberkan Kunci Keberhasilan Pemerintah Kuasai Freeport

JARRAK.ID

Published

on

Menteri ESDM, Ignasius Jonan (Doc. Net)

JAKARTA – JARRAK.ID – Menteri ESDM, Ignasius Jonan membeberkan sejumlah kunci keberhasilan yang dilakukan pemerintah dalam menguasai saham mayoritas Freeport.

Salah satunya kata Ignasius, pemerintah melakukan negosiasi secara transparan dan fair dengan Freeport McMoran.

“Yang paling penting itu bagaimana kita melakukan negosiasi dengan Freeport McMoran itu secara fair, itu yang pertama,” ujar Jonan saat menjadi panelis dalam acara Indonesia Millennial Summit di Grand Ballroom Kempinski Jakarta, seperti dikutip dari laman Kementerian ESDM, Minggu, (20/01/2019).

Menurut Jonan, Presiden Joko Widodo menyerahkan sepenuhnya kepada menteri terkait saat negosiasi sedang dilakukan dengan Freeport McMoran.

“Pak Presiden, ini kalau CEO-nya Freeport McMoRan mau menghadap Bapak bagaimana? Beliau (Presiden) bilang, sudah menteri saja yang tangani, nanti kalau sudah selesai baru ke saya,” tutur Jonan.

Selain itu kata Jonan, bagaimana hak dan kewajiban kedua belah pihak agar dikerjakan dengan sungguh-sungguh.

“Tim yang ditunjuk bukan hanya saya, jadi ada Menteri Keuangan, BUMN, dan KLHK. Kita mengerjakannya dengan sungguh-sungguh. Jadi tidak ada pikiran punya agenda lain,” jelasnya.

Selain itu, Jonan menceritakan bahwa kesungguhan bernegosiasi juga ditunjukkan oleh pihak Freeport. CEO Freeport McMoRan, Richard Adkerson, selama proses negosiasi terbang dari Amerika Serikat (AS) ke Indonesia hingga 12 kali.

“Padahal usianya lebih dari 70 tahun, jadi negosiasinya tiap 1,5 bulan dia kesini. Berarti sampai 12 atau mungkin 14 kali, berarti serius. Kalau kita kenalan ama teman, kalau tidak serius tidak didatengin lagi. Sebenarnya itu negosiasi itu kalau tidak mau ketemu, agak susah,” pungkas Jonan.

Baca Juga:  Launching Majalah Sinergi, Elan Biantoro Minta Mahasiswa Melek Migas

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Berita Populer