Connect with us

Daerah

Menristekdikti: Pendidikan Tinggi Memiliki Peran Penting Bagi Pertumbuhan Ekonomi dan Industri

JARRAK.ID

Published

on

Menristekdikti, Mohammad Nasir (Doc. Net)

JAKARTA – JARRAK.ID – Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti), Mohamad Nasir mengatakan terdapat dua peran penting pendidikan tinggi bagi ekonomi dan industri Indonesia. Yaitu, menyiapkan sumber daya manusia/lulusan yang siap masuk industri, dan menghasilkan riset inovatif yang siap dihilirisasi dan mampu mendorong pertumbuhan ekonomi nasional.

Pendidikan tinggi memiliki kontribusi penting bagi pertumbuhan ekonomi dan pengembangan industri di Indonesia.

“Masalah penyiapan sumber daya manusia itu harus ada ritme yang jelas antara pendidikan tinggi dengan industri, sehingga pendidikan tinggi itu tidak boleh lagi hanya meluluskan sarjana atau tenaga ahli saja, tapi ternyata tidak dipakai oleh industri,” Katanya di Jakarta, Jumat, (10/05/2019).

Demikian disampaikan Nasir saat menjadi salah satu pembicara pada High Level Plenary Talk Show Sesi Pembangunan Manusia dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) yang diselenggarakan oleh Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional Republik Indonesia/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) di Hotel Shangri-La Jakarta.

Lebih lanjut, ia menjelaskan agar perguruan tinggi menghasilkan sumber daya manusia yang langsung dapat diterima industri, peran serta industri dalam kurikulum perlu dibuka lebar.

“Pendidikan tinggi di dalam mendesain kurikulum, harus bekerja sama dengan industri, karena dia akan menjadi user nantinya,” terangnya.

Selain peran menciptakan lulusan yang siap masuk ke industri, jelasnya, perguruan tinggi juga berkontribusi bagi ekonomi dan industri melalui hasil penelitian.

Selain itu, Natsir juga mengatakan agar selalu ada inovasi yang diterapkan pada industri dari seribu penelitian dari perguruan tinggi.

Untuk dapat menciptakan lulusan siap kerja di industri sekaligus menciptakan inovasi bagi industri, perguruan tinggi saat ini sudah memiliki dua jenjang pendidikan berbeda sesuai dengan target dari lulusannya, yaitu jenjang vokasi dan jenjang sarjana.

Baca Juga:  Anggota DPRD Blora Ramai-Ramai Ajukan Kredit ke Bank, untuk Tutupi Biaya Politik?

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Advertisement

Berita Populer