Connect with us

Politik

Menlu: Sudah 40 Kepala Negara Ucapkan Selamat ke Jokowi, Termasuk Donald Trump

JARRAK.ID

Published

on

Presiden Joko Widodo dan Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi (Doc. Net)

JAKARTA – JARRAK.ID – Sebanyak 40 kepala negara/pemerintahan dan tiga organisasi internasional menyampaikan ucapan selamat kepada Presiden Joko Widodo atas kemenangan di Pilpres 2019.

Demikian disampaikan Menteri Luar Negeri (Menlu), Retno Marsudi yang mencatat ucapan selamat kepada Presiden Jokowi hingga Senin siang (27/05/2019) kemarin.

“Pada saat pengumuman dilakukan KPU, sejumlah lagi kepala negara menyampaikan selamat kepada Presiden, sejauh ini sudah per hari ini, per detik ini sudah ada 40 negara plus tiga organisasi internasional yang sudah menyampaikan ucapan selamat,” katanya usai bertemu Presiden Jokowi di Istana Kepresidenan, Jakarta.

Adanya perkembangan teknologi, kata Retno, pengiriman ucapan selamat itu dapat dilakukan lebih cepat.

“Karena teknologi baru mereka bisa mengucapkan selamat melalui berbagai saluran, ada yang berupa twitter, menelepon langsung ke Presiden, tapi juga masih cukup banyak negara negara yang memakai cara yang tradisional,” ujarnya.

Selain itu, ia mengakui cara tradisional akan memakan waktu yang cukup lama. “Kalau Twitter kan cepat naik, demikian juga kalau telepon,” imbuhnya.

Lebih jauh, Retno menjelaskan kepala pemerintahan terakhir yang menyampaikan ucapan selamat kepada Jokowi adalah Perdana Menteri Kanada.

Bahkan, Retno menyampaikan ke Jokowi bahwa Presiden Timor Leste ingin melakukan pembicaraan untuk menyampaikan ucapan selamat.

Ia menyebutkan Presiden AS Donald Trump sudah bersurat kepada Jokowi, sementara PM Inggris menelepon langsung Jokowi.

Menlu menegaskan variasi menyampaikan selamat itu sekarang dengan perkembangan teknologi saat ini, semakin bervariasi.

Retno memperkirakan setiap hari akan bertambah karena surat-surat melalui saluran diplomatik.

Ia menyampaikan pula bahwa para kepala negara itu mengapresiasi pelaksanaan pemilu di Indonesia.

Soal adanya kericuhan pada 22 Mei 2019, Retno mengatakan mereka menyebutnya sebagai riot.

Baca Juga:  Sejumlah Purnawirawan TNI Terjerat Kasus Makar, Menhan Sedih

“Tentunya tak ada satu orang yang gembira apabila jatuh korban, itu sudah pasti. Tetapi dunia internasional melihat situasi dan porsinya pas,” tandas Retno Marsudi.

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Advertisement

Berita Populer