Connect with us

Daerah

Menkumham Pastikan Lapas Sukamiskin Sudah Steril, KPK: Jangan Terulang Lagi

JARRAK.ID

Published

on

Lapas Sukamiskin (Doc. Net)

JAKARTA – JARRAK.ID – Kondisi Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Sukamiskin di Bandung Jawa Barat pasca Operasi Tangkap Tangan (OTT) KPK saat ini diklaim sudah steril dari barang-barang ‘mewah’ yang berada di sel para napi koruptor.

Hal itu diungkapkan oleh Kadiv Administrasi Kanwil Kemenkum HAM Jawa Barat Dodot Adi Koeswanto.

Menurut Dodot, sejumlah fasilitas dan barang-barang yang dianggap mewah tersebut saat ini telah dibongkar dan disaksikan oleh sejumlah pihak. selain itu, menurut Dodot pihaknya kini akan terus memantau kondisi lapas agar tetap kondusif.

“Itu sudah dilakukan pembongkaran dan itu juga sudah dilaksanakan dan media juga sudah lihat, untuk selanjutnya kemudian dipertahankan kondisi itu tidak dibangun kembali,” ucap Dodot.

Terkait kabar sterilnya Lapas Sukamiskin tersebut, pihak KPK berharap agar klaim tersebut benar adanya. Selain itu, komisi anti rasuah itu juga berharap agar kejadian serupa tak terulang kembali.

Tak hanya itu, pasca klaim sterilnya Lapas Sukamiskin, KPK meminta agar kasus jual beli fasilitas yang pernah dibongkarnya dalam OTT beberapa waktu lalu tak terjadi kembali.

“Kalau benar (Lapas Sukamiskin steril), semoga tidak kambuh sampai kapan pun,” kata Wakil Ketua KPK Saut Situmorang, Selasa, (31/07/2018).

Disisi lain KPK akan terus memantau kondisi lapas di seluruh Indonesia sembari meminta kepada pihak terkait agar dapat mewujudkan rasa keadilan di lingkungan lapas, terutama terkait perlakuan terhadap semua narapidana.

“Dan KPK sesuai kewenangannya akan tetap menjaganya agar keadilan di dalam lapas sesuai mainstream atau norma yang berlaku tidak roller coaster, naik turun. Diberlakukan sama untuk semua warga binaan,”ucap Saut.

“Kok susah amat ya adil buat semua orang,” sambungnya.

Baca Juga:  KPK Bidik Korporasi dalam Kasus Suap Proyek PLTU Riau

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Berita Populer