Connect with us

Bisnis

Menhub Yakin Maskapai Asing di Indonesia Bisa Turunkan Tiket Pesawat

JARRAK.ID

Published

on

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi (Doc. Net)

JAKARTA – JARRAK.ID – Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi mengatakan bahwa pada awalnya dirinya diusulkan oleh Presiden Joko Widodo untuk membuka peluang bagi masuknya maskapai penerbangan asing ke Indonesia. Hal ini dimaksudkan untuk menyiasati mahalnya tiket pesawat.

Senada dengan presiden, Budi memandang saran tersebut cukup bagus. Pasalnya, dengan bertambahnya pemain maka industri penerbangan bisa bersaing lebih baik.

“Saran presiden untuk maskapai asing, itu saran yang baik karena bukan asingnya, tetapi kompetisinya. Kompetisi itu kalau ada, maka ada keseimbangan baru demand and supply. Harga akan jadi lebih fair. Kalau supply sedikit, demand banyak, harga tinggi,” ungkap dia di kediamannya, Jakarta, Minggu, (09/06/2019).

Dalam prakteknya nanti, perusahaan asing wajib bekerja sama dengan perusahaan penerbangan lokal.

Dia menjelaskan bila perusahaan maskapai asing mau masuk maka ada izin yang mesti dipatuhi, yakni bekerja sama dengan perusahaan lokal.

“Perusahaan mana pun terkait asing, harus 51%. Ownership (kepemilikan)-nya harus dengan orang lokal. Nggak mesti dengan orang yang punya bisnis penerbangan,” jelas dia.

Sementara itu, ia juga berencana agar para perusahaan maskapai asing tak hanya membuka penerbangan pada rute ‘gemuk’ melainkan juga ke daerah perintis. Maka dari itu, harga juga akan lebih terjangkau.

“Berikutnya juga ada cross subsidi, masuk Indonesia ke rute dalam Jawa tapi harus juga rute ke daerah perintis. Lagi dibahas sekarang,” tutup dia.

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Advertisement

Populer