Connect with us

Daerah

Mengenal Muhammad Zuhri, Pengusaha Madura yang Gemar Borong Barang Koruptor

JARRAK.ID

Published

on

Muhammad Zuhri (Doc. Net)

JAKARTA – JARRAK.ID – Muhammad Zuhri termasuk satu dari peserta yang ikut lelang Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Zuhri bahkan berhasil mendapatkan kiswah Kakbah kendati harus mengeluarkan uang Rp450 juta dari kantongnya.

Tapi Zuhri mengaku puas, karena dirinya memang mengincar barang tersebut sebagai koleksi pribadi.

“Ya betul, untuk koleksi saya. Kain khusus kiswah ini memang mulai seminggu kemarin saya incar sampai sekarang, alhamdulillah dapat ini,” ujar Zufri di gedung penunjang KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Rabu (25/7/2018).

Bahkan Zuhri mengaku berani membeli barang rampasan KPK dari kasus korupsi yang melibatkan mantan Menteri Agama (Menag), Suryadharma Ali dengan harga berapapun.

Menariknya saat petugas terus menaikkan harga dari limit Rp 22,5 juta menjadi Rp 450 juta, hanya Zufri seorang yang masih bertahan.

“Untuk yang kiswah itu, kalau Rp 500 juta, kita lawan tuh. Kalau masih ada Rp 500 juta, kita lawan, berapa pun masih. Dia masih Rp 1 miliar, aku lawan,” ucapnya.

Zufri memang bukan orang baru dalam kegiatan lelang barang KPK. Dia kerap memborong barang-barang koruptor yang dilelang. Pengusaha asal Madura yang juga pengusaha besi tua di daerah Tangerang itu mengaku sering mengikuti lelang KPK dalam 15 tahun terakhir.

Harga Murah

Zuhri beralasan dirinya memang gemar mengikuti lelang barang sitaan KPK karena harganya sangat murah. Selain itu, Zuhri mengaku uangnya juga masuk sebagai kas dan pemasukan negara.

“Total belanja saya kurang-lebih tadi Rp 2,5 miliar untuk mobil saya mengoleksi. Cuma, kalau ada yang minat, saya jual ini,” ujar Zufri kala itu.

Pria yang memiliki panggilan akrab Jupri itu mengaku tak takut memakai barang rampasan korupsi. Alasannya, barang-barang lelang KPK itu bagus dan terpelihara.

Baca Juga:  Hakim Yakin Chairuman Harahap dan Mirwan Amir Terlibat E-KTP

“Alhamdulillah tidak, karena barang korupsi ini sangat aman dan barang-barangnya juga bagus dan terpelihara sesuai dengan pejabat kantor lelang yang dikatakan,” ucapnya.

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Berita Populer