Connect with us

Politik

Mendagri Tidak Percaya Anna Sophana Mundur Sebagai Bupati Indramayu Karena Alasan Keluarga

JARRAK.ID

Published

on

Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tjahjo Kumolo (Doc. Net)

JAKARTA – JARRAK.ID – Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tjahjo Kumolo mengaku tidak percaya bahwa Anna Sophana mundur sebagai Bupati Indramayu karena alasan keluarga. Itulah sebabnya, Tjahjo mengirim tim ke Indramayu untuk mencari alasan utama pengunduran diri Anna Sophana.

“Saya sudah kirim tim ke sana, bertemu Ibu Bupati, apa sih yang (melandasi kemundurannya),” kata Tjahjo di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu, (7/11/2018).

Menurut Tjahjo, sangat tidak pantas jika ada kepala daerah yang mundur karena alasan keluarga. Pasalnya dia dipilih rakyat untuk mengurusi masalah rakyat, bukan masalah keluarga.

“Tapi nggak bisa tahu-tahu mundur, nggak bisa. Saya dipilih Pak Presiden jadi menteri, nggak diperintah mundur tahu-tahu mundur, lha itu,” ucap Thahjo.

Kendati demikian, Tjahjo enggan untuk berandai-andai apakah mundurnya Anna Sophana karena persoalan huku. Sebab, hal serupa juga pernah terjadi di Tanahbumbu, Kalimantan Selatan. Saat itu, Mardani H Maming mundur dari jabatannya sebagai Bupati Tanahbumbu.

“Contohnya Tanahbumbu dan Indramayu, yang saya tahu ya. Kalau lainnya memang dimundurkan DPRD ada, dia berhalangan tetap, bisa meninggal, masalah hukum,” tutur Tjahjo.

Sebelumnya, Anna Sophana sendiri, menjabat sebagai Bupati Indramayu setelah memenangkan Pemilihan Bupati (Pilbup) Kabupaten Indramayu pada tahun 2010 lalu.

Ia sendiri didampingi oleh Supendi sebagai Wakil Bupatinya. Kedua pasangan ini berhasil mempertahankan posisinya, setelah unggul dari pesaingnya, yakni Toto-Rastawiguna dalam Pilbup Kabupaten Indramayu tahun 2015.

DPRD Kabupaten Indramayu, akhirnya menyetujui pengunduran diri Anna Sophana sebagai Bupati Indramayu. Keputusan itu diambil berdasarkan hasil rapat paripurna DPRD Indramayu, Rabu, (07/11/2018).

Seluruh anggota DPRD Indramayu tidak ada yang menolak pengunduran diri Anna. Anna memutuskan mundur sebagai Bupati Indramayu, karena ingin fokus mengurus keluarga.

Baca Juga:  Alasan Gatot Nurmantyo Cium Tangan SBY

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Berita Populer