Connect with us

Politik

Mendagri Izinkan Kepala Daerah Ikut Kampanye, Asalkan…

JARRAK.ID

Published

on

Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo (Doc. Net)

JAKARTA – JARRAK.ID – Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tjahjo Kumolo mempersilahkan kepala daerah ikut kegiatan kampanye Pilpres 2019, asal mengikuti aturan perundang-undangan yang ada. Salah satunya, mengajukan surat izin cuti ke Kemendagri.

“Setiap kepala daerah boleh mengajukan kampanye asal ikuti semua peraturan yang dikeluarkan oleh KPU dan Bawaslu sebagaimana UU yang ada,” katanya usai apel bersama ASN Kemendagri dan BNPP, Monas, Jakarta, Jumat, (15/02/2019).

Kendati demikian, mantan Sekjen PDI Perjuangan itu mengingatkan, agar kepala daerah tidak menggunakan anggaran negara, termasuk fasilitas pemerintahan di daerah.

“Seminggu satu kali tidak boleh menggunakan fasilitas negara di daerah, tidak boleh menggunakan anggaran juga, dan ada hal-hal yang harus diikuti dengan jernih dengan tepat apa yang sudah terangkum dalam UU PKPU dan Panwas,” jelasnya.

Menurutnya, kepala daerah merupakan jabatan politik, sehingga diperbolehkan untuk memberi dukungan terhadap pasangan tertentu.

“Tapi ASN-nya (Aparatur Sipil Negara) harus netral semuanya,” tandas Tjahjo.

Baca Juga:  Ahok Segera Bebas, Ini Kata Presiden Jokowi

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Berita Populer