Connect with us

Politik

Melalui Kartu Sakti, Jokowi Juga Akan Gaji Pengangguran Lulusan SMP

JARRAK.ID

Published

on

Presiden Joko Widodo (Doc. Net)

JAKARTA – JARRAK.ID – Calon Presiden Joko Widodo kembali mempromosikan kartu saksi bagi lulusan SMP/sederajat, SMA/sederajat, dan kuliah yang belum mendapatkan pekerjaan. Mereka nantinya akan mendapatkan insentif dari pemerintah.

“Terakhir, saya ingin kenalkan kartu-kartu. Kita sekarang punya 3 kartu,” kata Jokowi saat acara Parahyangan Bersatu, Silaturahmi Tokoh Masyarakat dan Relawan Balad Jokowi di Villa Istana Bunga, Kabupaten Bandung Barat, Minggu, (10/03/2019).

Pertama, kata Jokowi, adalah kartu Pra-Kerja. Kartu ini bisa dimanfaatkan para anak muda yang baru lulus SMK/SMA, SMP, dan universitas dengan kriteria tertentu dan belum mendapatkan pekerjaan.

“Kartu Pra-Kerja yang lulus SMA, SMK, yang lulus SMP, atau yang lulus universitas, yang lulus akademi yang belum dapat kerja, tolong cari kartu Pra- Kerja dulu,” kata Jokowi.

Menurut Jokowi, pemegang kartu ini nantinya akan mendapatkan pelatihan dari pemerintah sesuai dengan kebutuhan dunia kerja. Selain itu, mereka juga bakal mendapatkan intensif dari pemerintah.

“Nah sebelum mendapatkan pekerjaan, selama kurun waktu tertentu tapi belum diputuskan, apakah enam bulan dan setahun akan diberikan insentif honor,” tambahnya.

Selain itu kata Jokowi, KIP Kuliah. Kartu ini dapat digunakan bagi mereka yang ingin kuliah, namun memiliki keterbatan pendanaan.

Sedangkan kartu ketiga, kata Jokowi adalah Kartu Sembako Murah. Di mana peruntukannya untuk ibu-ibu yang memiliki keterbatasan finansial. Bahkan, akan ada program potongan harga yang bisa dimanfaatkan para pemegang kartu.

“Yang duitnya banyak nggak boleh pegang ini. Ini diberikan pada ibu ibu yang diseleksi, tidak semua dapat. Ini untuk beli sembako gula, beras, minyak nanti kita diskon tertentu,” ungkap dia.

Baca Juga:  Aktivis HMI: Harus Bijak Gunakan Media Sosial di Tahun Politik

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Berita Populer