Connect with us

Elektoral

Megawati soal Jatah Menteri: Dikasih atau Tidak, Urusan Presiden

JARRAK.ID

Published

on

Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri (Doc. Net)

JAKARTA – JARRAK.ID – Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri mengatakan bahwa, tidak akan mendesak Presiden Jokowi agar kabinet pemerintahan periode 2019-2024 segera dipastikan saat ini.

Menurutnya, soal kabinet pemerintahan sebaiknya tak terlalu dianggap hal paling krusial saat ini. Sebab penyusunan kabinet itu memiliki prosedur.

“Saya sih menunggu dulu pelantikan presiden. Sebelumnya ada pelantikan legislatif dulu,” katanya di Jakarta, Kamis (29/08/2019).

Ia menjelaskan, sudah ada tata pemerintahan yang efektif bersama prosedur-prosedurnya. Baru setelah pelantikan itu, selanjutnya dilakukan pembentukan kabinet.

Lebih jauh, ia menegaskan yang utama diingat, bahwa pembentukan kabinet itu adalah hak prerogatif presiden. Artinya penentu akhir tetaplah Presiden Jokowi.

Sebelumnya, saat Kongres V PDI Perjuangan yang lalu, Megawati memang sempat meminta agar partainya diberi jatah kursi kabinet terbesar.

Namun, lanjutnya, itu disampaikannya karena memang sedang kongres. Kendati demikian, bukan berarti bahwa permintaan itu tak tunduk kepada fakta politik Indonesia bahwa menentukan kabinet adalah hak prerogatif seorang presiden.

“Menurut saya (pernyataan saya soal kabinet Jokowi di kongres itu), adalah biasa saja. Kenapa ya mesti sembunyi-sembunyi. Minta saja. Urusan dikasih atau tidak, adalah kehendak presiden,” tandasnya.

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Advertisement

Populer