Connect with us

Other

Mayoritas Jemaah Hanya Lulusan SD, Petugas Haji Diminta Telaten

JARRAK.ID

Published

on

Ilustrasi (Doc. Net)

JAKARTA – JARRAK.ID – Data Kementerian Agama (Kemenag) menunjukkan bahwa pendaftar haji tamatan SD paling besar dan angkanya mencapai 941.183 orang. Angka itu jauh melampaui tamatan SMA yang berjumlah 721.685 orang.

Di urutan ketiga adalah lulusan strata 1 sebanyak 641.614, disusul tamatan SMP sebanyak 351.969 orang. Hal tersebut bakal jadi tantangan sendiri bagi para petugas haji.

“Pada saat manasik si tutor harus sudah menyadari realitas bahwa yang mereka ajari manasik ada yang tidak tamat SD ada yang doktor. yang penting adalah praktis yang diajarkan,” ujar mantan Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji Dan Umrah, Kementerian Agama, Abdul Jamil.

Bahkan Abdul Jamil juga mengisahkan jika ada jemaah haji yang sama sekali belum punya pengalaman menumpangi pesawat terbang.

“Kondisi ini bakal menyulitkan pemerintah untuk mendapatkan calon jemaah yang benar-benar mandiri. Jangankan ke Mekkah, bahkan yang belum pernah naik pesawat pun banyak,” ujar Abdul Jamil.

Petugas Haji

Abdul Jamil meminta 780 petugas haji yang ada di hadapannya, lebih ikhlas dalam bekerja dan memberikan pengertian serta pengetahuannya soal ibadah haji yang benar juga sederhana kepada ribuan jemaah nantinya.

“Proses perjalanan haji saat sampai di Madinah seperti apa, lalu masuk Mekkah seperti apa, Arafah, lalu di Mina, dibikin yang sederhana. Mereka yang telah memiliki pengetahuan haji tinggi bisa mengerti bahwa kita ini harus melatih orang yang tidak tahu sama sekali,” ujar Guru Besar UIN Walisongo Semarang itu.

Baca Juga:  Penjelasan Istana Soal Sandal Jepit di Open House Jokowi

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Berita Populer