Connect with us

Mancanegara

Maut di Pegunungan Zegros Iran

JARRAK.ID

Published

on

TEHERAN – JARRAK.ID – Sebuah pesawat sipil Aseman Airlines penerbangan domestik relasi Teheran-Yasuj, Provinsi Isfahan, jatuh di kawasan pegunungan Zagros di Semirom, Isfahan Iran, pada Minggu (18/02/18). Pesawat tersebut jatuh sekitar jam 5 pagi waktu setempat.

Seperti dilansir Aljazirah, Minggu (18/02) pesawat tersebut diketahui lepas landas dari bandara di Ibu Kota Teheran menuju Yasuj. Burung besi itu dilaporkan mengangkut sekitar 60 hingga 70 penumpang ditambah enam awak kabin. Dikabarkan, semua penumpang tidak ada yang selamat.

Pesawat dilaporkan kehilangan kontak dengan menawa pengawas setelah 20 menit lepas landas. Pesawat model ATR 72-500 itu sempat mencoba melakukan pendaratan darurat sebelum akhirnya lenyap dari radar.

Diketahui pesawat tipe ATR 72-500 twin-engine turboprop berusia 20 tahun yang biasanya digunakan untuk jarak pendek. Pesawat ini milik maskapai Aseman Airlines.

The Washington Post melaporkan cuaca cukup berkabut saat kecelakaan terjadi. Di bawah sanksi internasional selama beberapa dekade, armada pesawat komersial Iran telah menua dengan selalu terjadinya kecelakaan udara dalam beberapa tahun terahir.

Aseman Airlines adalah maskapai semi-swasta yang berkantor di pusat kota Teheran, memfasilitasi untuk penerbangan relasi domestik dengan destinasi kota terpencil di penjuru Iran. Maskapai ini juga melayani beberapa relasi destinasi internasional.

Pihak maskapai menyampaikan belasungkawa di media pemerintah Iran, IRIB, seperti dikutip dari media India (18/02).

“Usai pencarian di area jatuhnya pesawat, dengan sangat menyesal bahwa semua orang terkasih kita tewas dalam insiden itu,” kata Juru Bicara Asema Airlines, Mohammad Tabatai.

Mojtaba Khaledi, Juru Bicara Badan SAR Nasional Iran mengatakan kepada kantor berita ISNA bahwa sebuah helikopter telah dikirim ke lokasi jatuhnya pesawat. Tetapi cuaca bruruk di kawasan jatuhnya pesawat membuat helikopter layanan darurat sulit melakukan pendaratan.

Baca Juga:  Khamenei Imbau Negara Muslim Bersatu Perangi Amerika

“Mengingat fakta bahwa daerah jatuhnya pesawat tersebut lereng dan curam, maka tidak mungkin bagi kami untuk mengirim mobil ambulans biasa. Maka, kami mengerahkan helikopter untuk mengangkut jenazah,” imbuh Khaledi.

Hingga berita ini diturunkan, belum diketahui penyebab jatuhnya pesawat. Otoritas Iran dalam waktu dekat secepatnya akan melakukan penyelidikan penyebab jatuhnya pesawat.

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Populer