Connect with us

Other

Mau Mendapatkan Makanan Sehat? Hindari Cara Memasak seperti ini

JARRAK.ID

Published

on

Ilustrasi (Doc. Net)

JAKARTA – JARRAK.ID – Makanan sehat tentunya akan membuat badan lebih sehat pula, termasuk pada tumbuh kembang anak-anak. Menyajikan makanan sehat tak melulu dengan bahan-bahan yang tepat, namun juga dengan cara memasak yang benar.

Seperti dikutip dari womentalk berikut cara memasak yang harus dihindari untuk mendapatkan makanan sehat.

1. Memakai terlalu banyak garam

Makanan yang hambar tentu tidak enak. Tidak heran bila garam selalu menjadi andalan untuk membuat makanan terasa lebih lezat. Padahal, bila Anda memakai bumbu dengan takaran yang benar, Anda juga bisa membuat masakan yang lezat.

Seorang ahli nutrisi di Penn State Hershey mengatakan, “Sebaiknya gunakan rempah-rempah dan bukan garam, untuk membuat makanan menjadi lebih istimewa.” Terlalu banyak sodium bisa memengaruhi penyimpanan air di dalam tubuh.

2. Memakai semua bahan berlabel rendah kalori

Tidak salah bila memakai bahan dengan label rendah kalori. Namun, sebaiknya Anda memanfaatkan lemak sehat yang banyak terdapat pada avokad dan ikan.

Lemak sehat ini bisa memberikan energi dan meningkatkan vitamin A, D, E, dan K.

3. Memasak sayuran terlalu matang

Dikutip dari The New York Times, memasak sayuran hingga larut matang bisa menurunkan tingkat gizi 15-55%. Tentunya, tidak semua sayaran perlu dimasak dan perlu dimakan mentah karena itu menjadi cara terbaik buat mendapatkan nutrisi yang diperlukan tubuh.

Jadi, lebih baik lakukan riset untuk mengetahui metode masak seperti apa yang terbaik untuk sayuran kesukaan Anda.

4. Memasak memakai minyak yang bisa menghancurkan nutrisi

Memakai minyak zaitun dan kelapa untuk masak memang baik buat kesehatan tubuh. Namun, minyak tersebut tidak bisa digunakan terlalu panas atau pada suhu tertentu.

Baca Juga:  Begini 4 Kunci Gaet Cewek Menurut Wahyu Widodo ‘Si Raja Sengon' Pemilik Uang 16 Kontainer

Bila dimasak melewati suhu terlalu tinggi hingga melewati batasnya, bisa-bisa nutrisi yang dihasilkan dari makanan tersebut akan hancur.

5. Mengupas kulit semua sayuran dan buah-buahan

Ada beberapa sayuran dan buah-buahan yang memiliki banyak nutrisi pada bagian kulitnya, seperti kentang, apel, dan wortel. Kulit pada sayuran dan buah-buahan biasanya mengandung serat yang baik. Lebih baik cuci saja sayuran dan buah-buahan dengan benar. Anda juga dapat merendam sayuran dan buah-buahan dalam air garam.

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Berita Populer