Connect with us

Politik

Mardani: PKS Punya Peluang Bangun Poros Ketiga

JARRAK.ID

Published

on

Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera (Doc. Net)

JAKARTA – JARRAK.ID – Partai Keadilan Sejahtera (PKS) mengaku masih memiliki peluang untuk membangun poros ketiga dalam kontestasi Pilpres 2019 mendatang. Hal tersebut diungkapkan Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera. Meski demikian, Mardani menyebut peluang tersebut masih akan terganjal oleh kuota partai.

Menurut Mardani, langkah PKS akan terasa sulit jika akan membangun poros ketiga. Pasalnya, kata dia, PKS harus mencari dua partai lagi yang mau membangun poros ketiga sebagai syarat ambang patas pencalonan presiden dalam UU Pemilu.

“Tapi menjadi lebih rumit karena nggak seperti Gerindra posisinya. Gerindra-PKS bisa, Gerindra-PAN bisa, Demokrat bisa. Tapi kalau poros ketiga itu teman-teman Demokrat perlu tiga partai,” ungkap Mardani di Gedung Nusantara II, Kompleks Parlemen, Kamis (12/7/2018).

Tak hanya itu, kata Mardani, jika Partai Gerindra sepakat hanya maju dengan PKS, ada kemungkinan apabila Partai Demokrat, PAN dan PKB mau bersatu, meski hal tersebut disebutnya sulit.

“Komposisi terdekat Demokrat pan PKB. Kalau PKS sama Gerindra. Tiga ini juga belum tentu bisa menyatu,” ujar penggagas #2019GantiPresiden itu.

Seperti diketahui, kontestasi Pilpres 2019 mendatang membuat politik partai makin dinamis. Tercatat, baru koalisi Joko Widodo yang sudah terbentuk. Jokowi dicalonkan kembali sebagai presiden oleh PDI Perjuangan dan beberapa partai pendukung pemerintah, termasuk Golkar dan Nasdem.

Sementara itu, koalisi Prabowo Subianto baru hanya Gerindra yang mastikan mendukungnya maju menyaingi Jokowi. Dua partai yang selama ini diwacanakan mendukung Prabowo, yakni PKS dan PAN, masih teka-teki.

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Advertisement

Populer