Connect with us

Politik

Mahfud MD Sebut MK Belum Tentu Kabulkan Gugatan Kubu Prabowo, Ini Alasannya

JARRAK.ID

Published

on

Mantan Ketua MK, Mahfud MD (Doc. Net)

JAKARTA – JARRAK.ID – Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), Mahfud MD mengatakan bahwa MK belum tentu mengabulkan permohonan gugatan hasil Pilpres 2019 yang diajukan pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Jadi meski dapat diterima perkaranya, tetapi bisa saja ditolak isi permohonannya,” kata Mahfud lewat akun media sosial Twitter-nya, @mohmahfudmd, Sabtu, (15/06/2019).

Dia menerangkan, dapat diterima artinya memenuhi syarat untuk diperiksa. Sedangkan terkait dikabulkan atau ditolak, lanjutnya, hal tersebut sudah menyangkut pada pokok atau substansi perkara.

Dapat diterima artinya memenuhi syarat untuk diperiksa karena memang menjadi wewenang MK, dan lain-lain. Sedangkan jika dikabulkan atau ditolak sudah menyangkut pokok atau substansi perkaranya,” katanya.

Mahfud menjelaskan, jika istilah diterima dan dikabulkan dalam permohonan sengketa hasil Pilpres 2019 di MK berbeda. Karena itu tegas dia, permohonan dapat saja diterima tapi substansinya bisa ditolak, tergantung pada pembuktian di persidangan.

Permohonan atau gugatan Paslon 02 di MK nanti dapat diterima tetapi belum tentu dikabulkan,” tutur Mahfud.

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Advertisement

Populer