Connect with us

Politik

Mahfud MD Sebut Ada Paham Radikal Bawa Dana Besar ke Indonesia

JARRAK.ID

Published

on

Mantan Ketua MK, Mahfud MD (Doc. Net)

JAKARTA – JARRAK.ID – Mantan Ketua MK, Mahfud MD mengaku mendapatkan informasi jika ada salah satu paham radikal yang akan masuk ke Indonesia dan membawa dana dalam jumlah yang sangat besar.

Nantinya kata Mahfud, mereka akan mendirikan pesantren di Tanah Air dengan aliran yang berbeda.

“Ada info masuk; sekarang ini di luar negeri itu sudah banyak penganut islam radikal yang ditangkap tapi mereka mau lari ke sini (Indonesia). Bawa uang mau mendukung pesantren, mendirikan pondok pesantren yang (pemahamannya) berbeda,” kata Mahfud di Gedung JS Luwansa, Rasuna Said, Jakarta Selatan, Jumat (16/08/2019).

Mahfud menegaskan ada beberapa lembaga pesantren di Magelang dan Yogyakarta yang diduga sudah terkontaminasi paham radikal.

“Di Yogya saya tahu ada, di Magelang. Enggak boleh menyanyikan lagi Indonesia Raya, mengibarkan merah putih. Itu tiba-tiba besar (pesantrennya),” ungkap dia.

Lebih lanjut, Mahfud menegaskan dirinya dan sejumlah tokoh yang tergabung dalam Suluh Kebangsaan menolak semua hal yang berkaitan dengan perubahan menuju ke arah radikal. Namun, itu bukan berarti pihaknya anti-perubahan.

“Perubahan radikal itu kita tolak. Apakah kita anti-perubahan? Tidak. Kita sadar perubahan itu harus dilakukan, tapi perubahan kita adalah perubahan gradual. Sistem sudah mantap diperbaiki, berdasar sistem negara kesatuan RI berdasarkan pancasila,” tutur dia.

Untuk menghalau wabah paham radikal ini, Mahfud dan beberapa tokoh pun mencoba membuat pemetaan sebelum menghadapinya.

“Hari ini kita kumpul apa yang sebenarnya terjadi, dimana petanya, apa yang akan kita lakukan menghadapi itu semua,” kata dia.

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Advertisement

Populer