Connect with us

Daerah

Madura Jadi Tamu Kehormatan di Kampung Buku Jogja #4

JARRAK.ID

Published

on

Kampung Buku Jogja (KBJ) #4 mengundang Madura sebagai Tamu Kehoramtan Literasi, "Madura dalam Rumah Indonesia" (Doc. KBJ)

YOGYAKARTA – JARRAK.ID – Even literasi tahunan yang galib digelar di Jogja, Kampung Buku Jogja #4 resmi dibuka hari ini, Senin (10/9/2018). Mengusung tema “Jejak Langkah Kampung Buku”, KBJ #4 digelar untuk setiap penggerak dan penikmat buku di Nusantara. Acara ini bekerjasama dengan Pusat Kebudayaan Koesnadi Hardjasoemantri (PKKH) UGM yang juga menjadi tempat digelarnya acara.

Even yang digelar sejak hari ini (10/9) hingga Kamis (13/9) akan diramaikan dengan semarak pameran buku belasan penerbit. Selain itu, KBJ #4 juga didesain dengan kegiatan orasi literasi, musik literasi, talkshow, bedah buku, parade puisi, kelas penulisan, hingga kuliah umum.

Kegiatan literasi itu mengundang narasumber andal, di antaranya Joko Pinurbo, Malik Madani, M. Muhidin Dahlan, Pidi Baiq, dan lainnya. Disebutkan, acara buku ini bisa dinikmati secara gratis oleh penggiat literasi di Indonesia.

Uniknya, KBJ #4 kali ini juga menghadirkan Madura sebagai tamu kehormatan literasi. Bukan tanpa sebab, Madura dipilih karena semenanjung ini memiliki rangkuman sejarah khas soal literasi. Madura memang memiliki cakupan kedigdayaan buku, terasa hingga kini, meski tak banyak yang tahu.

Madura di KBJ #4 akan menceritakan hal ihwal yang berkaitan dengan literasi di Madura. Mengangkat tema “Madura dalam Rumah Literasi Madura”, narasumber yang diundang akan banyak berkisah soal posisi literasi Madura dalam mebangun Indonesia.

Tamu Literasi Kehoramtan Madura yang digelar pada Selasa (11/9) akan diisi dengan talkshow, orasi budaya, dan parade pembacaan puisi. Hadir pada kegiatan ini narasumber di antaranya M. Faizi, RB Abdul Gaffar Karim, Malik Madani, Muna Masyari, M. Wail Irsyad, Taufiqurrahman, Edi Mulyono, Kuswaidi Syafi’ie, dan banyak lagi.

Tak hanya itu, kuliner khas Madura juga tersaji di KBJ #4. Menu andalan seperti Nasi Jagung dan Soto Madura bisa dinikmati di lokasi acara. Benar, KBJ #4 bisa melunasi kerinduan siapapun tentang Madura.

Baca Juga:  Waduh, Nama Kabareskrim Polri Dicatut Situs Hoax: Sebut Polri Tetapkan Hendropriyono Tersangka

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Berita Populer