Connect with us

Daerah

Mabes Polri Buru Oknum yang Sengaja Sebarkan Berita Bohong Soal Bencana Alam Palu

JARRAK.ID

Published

on

Sejumlah fasilitas umum yang rusak akibat gempa dan tsunami di wilayah Palu, Sulawesi Tengah (Sulteng) (Doc. Net)

JAKARTA – JARRAK.ID – Mabes Polri sedang memburu pihak-pihak yang dengan sengaja menyebarkan berita hoaks, soal gempa bumi dan tsunami yang terjadi di Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah (Sulteng). Polri meminta masyarakat tidak semakin membuat kepanikan di tengah situasi musibah yang dihadapi para korban.

“Direktorat Siber akan melakukan investigasi untuk melakukan tindakan tegas terhadap pelakunya. Dalam situasi seperti ini diminta agar kita semua menggunakan akal sehat untuk tidak membuat isu yang menimbulkan kepanikan masyarakat,” tegas Kabareskrim Polri Komjen Arief Sulistyanto, Selasa, (02/10/2018) dilansir detikcom.

Arief menyebut baru saja mengikuti video conference dengan seluruh kapolda dan pejabat utama Polri yang dipimpin langsung Kapolri Jenderal Tito Karnavian

Arief menegaskan, Polri menaruh perhatian pada penanganan hoaks yang beredar pasca bencana di Sulteng.

“Baru saja rapat vicon dengan seluruh Kapolda dan pejabat utama Polri, dipimpin Kapolri. Arahan Kapolri dan menjadi atensi adalah penanganan masalah hoaks terjadinya bencana,” ujar Arief.

Selain Bareskrim, sambung Arief, Divisi Humas Polri juga dikedepankan untuk melawan penyebaran berita bohong.

“Bareskrim dan Divisi Humas akan melakukan peningkatan patroli siber, melakukan konfirmasi dengan BMKG tentang kebenarannya. Bila info tersebut palsu atau hoaks maka Divisi Humas akan akan segera melakukan langkah counter dan penerangan kepada masyarakat,” terang Arief.

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Advertisement

Populer