Connect with us

Daerah

LIPI Gelar Diseminasi Ilmu Pengetahuan dan Tekhnologi di Kepulauan Seribu

JARRAK.ID

Published

on

Kegiatan Diseminasi Ilmu Pengetahuan dan Tekhnologi yang diselenggarakan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) di Kepulauan Seribu, DKI Jakarta, pada Kamis, 8 November 2018 (Doc. JARRAK)

JAKARTA – JARRAK.ID – Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menyelenggarakan acara sosialisasi tekhnologi tepat guna pada Kamis (8/11) di Pulau Lancang, Kepulauan Seribu, DKI Jakarta.

Acara yg mengusung tema pemanfaatan dan penerapan iptek untuk masyarakat itu menghadirkan Anggota Komisi VII dari Fraksi Partai Golkar, Ivan Doly Gultom, sebagai narasumber.

Dalam pemaparannya, Ivan Gultom menyebutkan, masyarakat di Kepulauan Seribu, khususnya Pulau Lancang, Kelurahan Pulau Pari, harus mampu meningkatkan taraf kesejahteraan masyarakat, utamanya di sektor ekonomi.

“Saya berharap kegiatan Diseminasi Ilmu Pengetahuan dan Tekhnologi ini menjadi stimulus bagi masyarakat sekitar untuk mampu mengembangkan sektor ekonomi kreatif basis lokal melalui pemanfaatan tekhnologi dan digitalisasi,” ungkap Ivan Gultom.

Sementara itu, perwakilan dari LIPI, Dr Nugroho Dwi Hananto MS.I, mengenalkan dan menerangkan domain kerja dan ruang lingkup lembaga LIPI. Sedang Sutrisna memberikan pelatihan dan pengenalan Penerapan teknologi tepat guna bagi masyarakat.

Sutrisna lalu mengajarkan bagaimana cara membuat dan mengemas ikan menjadi Nugget, sehingga lebih ekonomis dan bernilai tinggi dibandingan ikan tanpa diolah. Bagi Sutrisna, hal tersebut penting untuk dapat meningkatkan ekonomi keluarga.

Masyarakat di kelurahan ini sangat antusias mengikuti pelatihan yang diajarkan oleh pihak Pussinof dari LIPI. Mereka mengikuti arahan yang diberikan sehingga mereka dapat mengolah hasil laut menjadi Nugget. Hadir juga dalam kegiatan tersebut lurah Pulau Pari, Surahman.

Baca Juga:  Dukung Sektor Pariwisata, IMA DKI Gagas Model Pariwisata Jaman Now

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Berita Populer