Connect with us

Other

Lakukan Hal ini Agar Anda Tidak Mabuk dalam Perjalanan

JARRAK.ID

Published

on

Ilustrasi (Doc. Net)

JAKARTA – JARRAK.ID – Pada saat kita liburan, kadang kita terganggu dengan dengan mabuk saat dalam perjalanan.

Jika hal itu sering terjadi pada diri anda, maka sebaiknya anda mencari cara yang tepat untuk mencegah mabuk perjalanan.

Berdasarkan anjuran dr. Sara Elise Wijonodari, yang dilansir dari Klik Dokter, anda dapat melakukan beberapa cara di bawah ini untuk mencegah mabuk perjalanan saat liburan.

1. Makan Sebelum Memulai Perjalanan

Sebaiknya Anda tidak bepergian dalam perut kosong. Penting untuk mengisi perut sebelum bepergian, dan jenis makanan disarankan untuk dikonsumsi adalah yang bersifat rendah lemak.

Anda bisa membawa camilan atau makanan ringan selama perjalanan. Agar lebih sehat, Anda dapat membawa buah kering bebas gula tambahan ataupun kacang-kacangan.

2. Melihat Pemandangan ke Kaca Jendela

Bila posisi duduk Anda berada di kursi penumpang di belakang, Anda disarankan melihat pemandangan ke kaca jendela sepanjang perjalanan dibandingkan melihat area dalam mobil terus-menerus.

Pemandangan bantaran sawah yang hijau atau pepohonan yang cantik dinilai mampu mengatasi mual akibat mabuk perjalanan.

3. Menjadi Pengendara

Bila kondisi memungkinkan, salah satu cara agar Anda terhindar dari mabuk darat adalah dengan menjadi pengendara mobil yang digunakan.

Menjadi pengendara akan membuat Anda memegang kontrol atas pergerakan mobil, sehingga Anda pun dapat memperkirakan arah perpindahannya.

4. Memilih Tempat Duduk Paling Depan

Bila tidak dapat menjadi pengendara, sebaiknya pilih tempat duduk di area depan yang membuat Anda mampu mengobservasi jalanan dari kaca depan.

Sistem visual Anda akan merespons pergerakan pemandangan, dan menyesuaikannya dengan stimulus dari sistem vestibular.

Dengan duduk di depan, Anda lebih mudah memperkirakan pergerakan kendaraan karena bisa ikut memperhatikan tanda berhenti, tanda berjalan, dan sebagainya.

Baca Juga:  Perlukah Wanita ‘Pipis’ Sebelum Bercinta?

5. Mengonsumsi Obat

Siapkan obat pencegah mabuk perjalanan untuk berjaga-jaga. Kendati demikian, Anda tidak boleh mengabaikan efek samping yang dapat terjadi. Ada baiknya Anda berkonsultasi dengan dokter sebelum menggunakan obat-obat bebas ini.

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Berita Populer