Connect with us

Politik

Kunjungi MUI, Kemenag Akan Tambah Daftar 200 Mubalig

JARRAK.ID

Published

on

Menteri Agama Lukman hakim Saifuddin (Doc. Net)

JAKARTA – JARRAK.ID – Setelah menjadi perdebatan publik, Kementerian Agama berinisiasi akan menambah daftar rekomendasi penceramah yang saat ini berjumlah 200 nama.

Kementerian Agama juga akan melibatkan Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan ormas Islam lainnya dalam penambahan penceramah rekomended tersebut.

Menteri Agama (Menag), Lukman Hakim Saifuddin, bertemu degan Ketum MUI, KH Ma’ruf Amin, membahas soal ini pagi tadi di kantor MUI, Jl Proklamasi, Jakarta Pusat, Selasa (22/5/2018).

Pada kesempatan itu, Lukman menyampaikan kepada pengurus MUI usulan nama-nama dai berasal dari ormas Islam, pengurus masjid, hingga perguruan tinggi.

“Nama-nama tersebut sifatnya masih sementara jadi belum final,” kata Waketum MUI Zainut Tauhid Sa’adi dalam keterangannya, Selasa (22/5/2018).

Menurut Zainur, Kemenag akan terus memperbaharui dan menambah daftar tersebut. Karena, tidak mungkin Indonesia yang sangat luas dan besar jumlah penduduknya hanya dilayani 200 mubalig.

Karena itu, untuk penambahan nama-nama, Kemenag akan terus berkonsultasi dengan MUI dan ormas-ormas Islam lainnya.

Zainut menjelaskan, Kemenag dan MUI akan membuat program peningkatan kompetensi dai dengan metode standarisasi. Seperti diberitakan detikcom, MUI akan mengundang ormas Islam untuk membahas lebih lanjut rencana tersebut.

“MUI dan Kemenag sepakat untuk membangun program peningkatan kompetensi dai atau mubalig baik dari aspek materi maupun metodologi malalui program dai bersertifikat,” terang dia.

Di samping itu, MUI juga mengimbau semua pihak untuk tidak memperpanjang polemik tentang 200 nama dai yang direkomendasikan Kemenag. Hal tersebut dikhawatirkan akan bisa memperkeruh suasana dengan memecah-belah.

“MUI mengimbau kepada semua pihak untuk tidak memperpanjang polemik terkait dengan rilis 200 nama mubaligh karena dikhawatirkan dapat menimbulkan kesalahpahaman dan fitnah,” katanaya.

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Advertisement

Populer