Connect with us

Elektoral

KPU Temukan Pemilih Ganda, Jumlahnya Tembus Ratusan Ribu

JARRAK.ID

Published

on

Komisioner KPU RI, Viryan Aziz (Doc. Net)

JAKARTA – JARRAK.ID – Komisioner KPU, Viryan Aziz mengatakan bahwa pihaknya masih menemukan pemilih ganda sebanyak 795 ribu nama pemilih ganda dari 185 juta daftar pemilih tetap (DPT) yang telah ditetapkan KPU pekan lalu.

Namun, KPU yakin jumlah itu akan berkurang karena akan terus disesuaikan malam ini hingga Minggu (16/09/2018) pagi.

Pasca penetapan DPT pada pekan lalu, Viryan mengatakan bahwa KPU bersama perwakilan partai politik dan Bawaslu sudah menggelar tiga pertemuan guna menjelaskan masalah data ganda.

Menurut dia pertemuan terakhir pada Jumat (14/09/2018) malam, parpol yang paling menyuarakan pemilih ganda menyampaikan masih ada 1,2 juta data ganda namun berbeda dengan data KPU yaitu 795 ribu.

“Tadi malam kami dapat info dari teman-teman parpol yang paling menyuarakan data ganda, mengapresiasi di angka 1,2 juta. Tapi data internal kami dibawah 1 juta dan tentu sedang akan dibersihkan,” kata Viryan di Kantor KPU RI, Jakarta, Sabtu, (15/09/2018).

Menurut Viryan, hampir seluruh KPU provinsi sudah menyelesaikan rekapitulasi tingkat provinsi, namun sebagian lagi masih dalam tahap penyelesaian.

Viryan menegaskan beberapa KPU yang belum menyelesaikan rekapitulasi itu karena masih ada proses data terhadap temuan partai politik maupun rekomendasi Bawaslu yang harus diselesaikan.

“Kami ingin data ganda selesai di daerah. Sebagian KPU provinsi sudah hadir ke KPU RI untuk koordinasi terkait dengan penyelesaian dan pencermatan bersama selama 10 hari,” katanya.

Baca Juga:  Ini Jumlah DPS Pemilu 2019 Berdasarkan Rilis KPU

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Berita Populer