Connect with us

Daerah

KPU Bondowoso Terima Logistik Surat Suara Pemilu 2019

MOH AIDI

Published

on

Ketua KPU Kabupaten Bondowoso, Hairul Anam saat menunjukkan surat suara DPR RI yang baru saja di terima di Kantor KPU (Doc. JARRAK)

BONDOWOSO – JARRAK.ID – Ketua KPU Bondowoso, Jawa Timur,
Hairul Anam mengatakan pihaknya sudah
menerima logistik surat suara DPR RI untuk Pemilu 2019. Surat suara tersebut dikirim langsung oleh PT. Temprina Jember, Selasa, (12/02/2019).

KPU Bondowoso didampingi Komisioner Bawaslu, Achmad Bashori dan pihak kepolisian di gudang penyimpanan logistik milik KPU.

Hairul Anam menjelaskan, hari ini surat suara yang akan diterima oleh KPU ada 5 boks. Pada pengiriman pertama, per boksnya ada 245 kodi atau kardus, dan perdusnya isi 500. Jadi per boksnya berisi 122.500 surat suara.

“Untuk yang hari ini surat suara untuk DPR RI. Untuk yang DPR RI diperkirakan tuntas hari ini,” katanya.

Menurutnya, kebutuhan surat suara di Bondowoso adalah 600 ribu sekian, termasuk DPT plus 2 persen. Untuk surat suara DPR RI, Presiden, DPD RI, dan surat suara DPR Provinsi itu DPT plus 2 persen.

Sementara, kata dia, untuk DPRD Kabupaten, penjumlahannya mengacu ke masing-masing Dapil. Karena jumlah surat suaranya tidak sama di masing-masing Dapil. Namun ketika ditotal, tetap sama totalnya.

“Sebenarnya kalau totalnya sama, cuma untuk surat suara DPRD dipecah-pecah per dapil,” Jelasnya.

KPU Bondowoso merinci, kebutuhan logistik surat suara untuk Presiden, DPD RI, DPR RI dan DPR Provinsi, masing-masing kurang lebih 610.998, termasuk yang plus 2 persen.

Kemudian untuk surat suara DPRD Kabupaten Bondowoso, Dapil I butuh surat suara 121.650, Dapil II 125.283, Dapil III  118.781, Dapil IV 124.190, dan Dapil V 126.095.

“Ini dipengaruhi masing jumlah DPT di masing-masing Dapil, yang tidak sama,” tandasnya.

Baca Juga:  Paslon Pilwali Malang No.1 Ungguli Para Pesaingnya Lewat Polling

Berita Populer