Connect with us

Daerah

KPU Bondowoso Musnahkan Surat Suara Rusak, Ini Jumlahnya

MOH AIDI

Published

on

Pemusnahan suarat suara yang dilakukan oleh KPU Bondowoso (Doc. JARRAK)

BONDOWOSO – JARRAK.ID – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bondowoso musnahkan 5.032 surat suara Pemilu 2019, baik yang rusak maupun yang lebih, Selasa, (16/04/2019).

Pemusnahan dilaksanakan oleh Ketua Bawaslu Bondowoso, Mohammad Makhsun, disaksikan perwakilan dari TNI, Polri, Bakesbangpol, Satpol PP Bondowoso di halaman Kantor KPU Bondowoso.

Adapun surat suara yang dimusnahkan rinciannya adalah untuk surat suara rusak atau cacat hasil sortir sebanyak 3.520, dan sisanya 1.512 surat suara yang melebihi kebutuhan.

Ketua KPU Bondowoso, Hairul Anam mengatakan, bahwa pemusnahan dilaksanakan sesuai dengan Peraturan KPU RI No 667/PP.10.5/SD/07/KPU/IV/ 2019.

Menurut dia, apabila telah dipastikan pendistribusian logistik selesai, maka surat suara rusak dan cacat hasil sortir, serta surat suara lebih harus dimusnahkan.

“Berdasarkan peraturan surat suara rusak atau cacat hasil sortir dan surat suara lebih, harus dimusnahkan H-1 sebelum pencoblosan,” katanya.

Surat suara yang rusak dan lebih itu yakni surat suara Pilpres, DPD, DPR RI dan DPRD Propinsi serta DPRD kota.

Dengan pemusnahan surat suara Pemilu 2019 hari ini, lanjut Anam, KPU Bondowoso telah memenuhi ketentuan dan amanat undang-undang.

Baca Juga:  Ini Penyebab Banjir Banjang yang Terjang Wilayah Sentani Jayapura Papua
Advertisement

Berita Populer