Connect with us

Politik

KPU Akan Sajikan Debat Pilpres Kedua Lebih Menarik, Ini Rencananya

JARRAK.ID

Published

on

Ketua KPU, Arief Budiman (Doc. Net)

JAKARTA – JARRAK.ID – Ketua KPU, Arief Budiman menegaskan, di debat Pilpres kedua pihaknya akan membuat capres lebih rileks dan santai sehingga semua visi dan misi bisa disampaikan dengan baik dan menyeluruh.

Pasalnya KPU sedang mempertimbangkan penambahan durasi waktu penyampaian visi dan misi agar semua bisa disampaikan dengan baik.

“Prinsipnya kandidat harus dibuat rileks supaya idenya tersampaikan semua. Karena kalau kaku dan tegang yang dikhawatirkan tidak bisa menyampaikan visi misinya,” kata Arief di Gedung KPU usai rapat bersama BPN Prabowo-Sandi, TKN Jokowi-Ma’ruf, Bawaslu dan pihak terkait lainnya, Senin, (21/01/2019).

Debat kedua bakal diselenggarakan 17 Februari di Hotel Sultan dan hanya diikuti calon presiden yakni Joko Widodo dan Prabowo Subianto. Mereka nantinya mengeksplorasi masalah sumber daya alam, energi, pangan, dan infrastruktur.

TKN dan BPN yang saat itu diwakilkan Aria Bima serta Priyo Budi Santoso mengusulkan durasi penyampaian visi misi sekitar 4-6 menit. Namun, hal itu masih akan dibahas lebih lanjut.

Selain itu kata Arief, debat tidak hanya dilakukan dengan berdiri sebagaimana pada debat pertama. Debat juga bisa dilakukan dengan duduk.

“Ada sesi duduk, berdiri. Kalau berdiri tanpa podium, di kursi bersandar, atau dengan sofa rileks bisa buat nyaman bisa kami fasilitasi,” ucap Arief.

Kendati demikian, Arief menegaskan itu hanya rencana sementara. Nanti format debat akan dibicarakan kembali dengan BPN dan TKN menjelang pelaksanaan debat.

Terpisah, Komisioner KPU Wahyu Setiawan mengimbau masyarakat tak sepenuhnya menitikberatkan penyampaian visi dan misi calon presiden hanya melalui debat. Debat merupakan satu dari sembilan metode kampanye.

Imbauan serupa ditujukan kepada TKN, BPN, dan relawan. Menurut dia, mereka harus mengoptimalkan delapan metode kampanye lainnya seperti pertemuan tatap muka, terbatas, pemasangan peraga kampanye, dan media sosial dalam menyampaikan visi, misi, serta program kepada masyarakat.

“Kalau semua hanya bertumpu pada debat untuk informasi utuh. Kami terkendala sisi waktu. Kami mendorong metode lain dimanfaatkan,” kata Wahyu.

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Advertisement

Populer