KPK Terus Memburu Politikus PDI-P, Harun Masiku

1 min read

Jakarta, JARRAK.ID — Tersangka kasus suap komisioner KPU Wahyu Setiawan perihal PAW, Harun Masiku, belum diketahui keberadaannya. Ketua KPK Firli Bahuri mengaku sudah melakukan berbagai cara untuk mencari mantan caleg PDIP itu diberbagai daerah di Indonesia.

“Kami sudah cari. Semua wilayah yang ada indikasi ada tempat persembunyiannya, apakah di Sulawesi, apakah di Sumatera Selatan, sudah kita lakukan semua tapi belum ada, belum ketangkap,” kata Firli di Kompleks MPR/DPR, Senayan, Jakarta, Senin (27/1/2020).

Dia menyebut pencarian itu tidak mudah dan tim KPK meyakini pada akhirnya Harun akan tertangkap juga.

“Nyari orang itu nggak gampang memang ya, itu sama dengan cari jarum dalam sekam,” kata Firli.

Harun saat ini berstatus buron KPK berkaitan dengan kasus suap dalam pergantian antar-waktu (PAW) anggota DPR dari PDIP. Harun disangkakan memberikan suap kepada Wahyu Setiawan saat aktif sebagai Komisioner KPU.

Mengenai keberadaan Harun pun sempat ditanyakan penyidik KPK pada Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto pada Jumat, 24 Januari kemarin saat menjalani pemeriksaan sebagai saksi dalam kasus yang membelit Harun tersebut.

“Sama sekali tidak tahu karena partai tegaskan berulang kali melalui surat edaran tidak boleh menyalahgunakan kekuasaan, apalagi tindakan melanggar hukum,” ujar Hasto usai menjalani pemeriksaan di KPK saat itu.
(Gebe’es)