Connect with us

Politik

KPK Segera Panggil TB Hasanudin Terkait Kasus Suap Bakamla

JARRAK.ID

Published

on

TB Hasanuddin (Doc. Net)

JAKARTA – JARRAK.ID – Cagub Jabar 2018, TB Hasanudin dalam waktu dekat ini akan segera dipanggil oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Pemanggilan Hasanudin oleh komisi anti rasuah tersebut adalah sebagai saksi terkait kasus korupsi pembelian satelit dan drone oleh Badan Keamanan Laut (Bakamla).

Rencananya, menurut Juru Bicara KPK, Febri Diansyah pemanggilan Hasanudin akan dilakukan dalam waktu satu minggu kedepan. TB Hasanudin akan diperiksa oleh penyidik untuk tersangka korupsi Bakamla, Fayakhun Andriadi.

“Penyidik sudah mengagendakan pemeriksaan, minggu depan akan memanggil TB Hasanudin,” ujarnya di gedung KPK, Jakarta, Sabtu, (30/06/2018).

Sebelumnya, kasus suap Bakamla ini mencuat seiring digelarnya operasi tangkap tangan oleh KPK dan TNI pada bulan Desember 2016 silam. Hasil operasi itu adalah ditangkapnya empat orang sipil dan dua anggota TNI.

Febri menegaskan kalau saat ini pihaknya masih berfokus pada satu tersangka saja dalam kasus ini, yaitu Fayakhun. Namun tidak menutup kemungkinan jika nantinya ada pengembangan terhadap kasus ini, bukan tidak mungkin nantinya akan menyasar sejumlah pihak lain.

Selain itu, Febri mengatakan kalau pemanggilan TB Hasanudin adalah dalam kapasitasnya sebagai anggota Komisi I DPR pada saat penganggaran Bakamla.

“KPK masih terus mengembangkan. Jika fakta dan bukti sudah kuat, tentu KPK akan menelusuri keterlibatan pihak lain,” lanjut Febri.

Saat ditanya soal momentum pemanggilan, Febri menegaskan kalau hal ini tidak ada kaitanya dengan Pilkada.

“Ini dua koridor yang berbeda, tidak ada hubungannya dengan pilkada,” tegas Febri.

Selama persidangan kasus ini, sejumlah saksi dan barang bukti menunjukkan uang suap proyek juga mengalir ke sejumlah anggota DPR, termasuk Fayakhun. KPK menyangka Fayakhun terlibat dalam memuluskan proyek Bakamla tahun anggaran 2016 di Komisi Pertahanan DPR.

Baca Juga:  Jaksa KPK Pastikan Setnov, Chairuman, dan Akbar Faisal Tekan Miryam

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Berita Populer