Connect with us

Daerah

KPK Pertimbangkan Periksa Mendagri dalam Kasus Suap Meikarta

JARRAK.ID

Published

on

Gedung KPK (Doc. Net)

JAKARTA – JARRAK.ID – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sedang mempertimbangkan memanggil Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tjahjo Kumolo dalam kasus suap izin Meikarta.

Sebelumnya dalam pemeriksaan terhadap Bupati Bekasi nonaktif, Neneng Hasanah Yasin di Pengadilan Tipikor Bandung, Jawa Barat pada Senin, (14/01/2019), nama Tjahjo juga disebut pernah memintanya agar mempermudah penerbitan izin Meikarta.

KPK juga sudah pernah meminta keterangan Dirjen Otonomi Daerah Kemendagri, Soni Sumarsono dalam kapasitasnya sebagai saksi.

“Tentu kami perlu pelajari terlebih dahulu. Mempelajari dalam artian apakah untuk proses penyidikan perlu permintaan keterangan yang lebih lanjut atau cukup setelah kita memeriksa Dirjen otda,” ujar Febri di Gedung KPK, Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (14/1/2019).

“Itu kan perlu review, perlu analisis, karena baru di persidangan hari ini disampaikan keterangan itu,” lanjut mantan aktivis ICW tersebut.

Dalam persidangan terhadap Neneng, dia mengaku pernah dipanggil Soni ke ruangan kerjanya.

“Saat itu Mendagri Tjahjo Kumolo menelpon ke Pak Sumarsono, bicara sebentar kemudian telpon Pak Sumarsono diberikan kepada saya dan Tjahyo Kumolo bilang ke saya ‘tolong perizinan Meikarta dibantu’,” kata Neneng menirukan omongan Mendagri.

Menjawab Tjahjo, Neneng berujar “Baik pak, yang penting sesuai dengan aturan yang berlaku”.

Pertemuan dengan Sumarsono itu masih menurut Neneng, membahas perizinan Meikarta serta Perda Pemprov Jabar terkait Bodebekkapur (Bogor-Depok-Bekasi-Karawang-Purwakarta).

Baca Juga:  Hasil Hitung Resmi KPU Tembus 67 Persen, Perolehan Suara Jokowi Semakin Tak Terkejar

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Berita Populer