Connect with us

Daerah

KPK Periksa Mendagri Terkait Kasus Suap Meikarta, Ini Hasilnya

JARRAK.ID

Published

on

Mendagri, Tjahjo Kumolo (Doc. Net)

JAKARTA – JARRAK.ID – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo, menjalani pemeriksaan di gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Tjahjo diperiksa sebagai saksi untuk tersangka Bupati Bekasi non aktif, Neneng Hasanah Yasin terkait kasus suap perizinan proyek Meikarta.

“Saya sebagai Mendagri ditanya terkait kesaksian ibu Neneng, Bupati,” kata Tjahjo usai diperiksa penyidik di Gedung KPK, Jl. Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Jumat, (25/01/2019).

Tjahjo mengaku dimintai keterangan berkaitan dengan apa yang ia ketahui dari kasus suap proyek Meikarta tersebut.

“Saya ditanya apakah pernah ketemu (Neneng)? Gak pernah ketemu,” katanya.

Tjahjo diperiksa selama kurang lebih 2 jam, sejak pukul 09.30 WIB hingga pukul 11.30 WIB.

Tjahjo membenarkan dirinya pernah berbicara via telepon dengan Bupati Bekasi Non Aktif Neneng Hasanah Yasin (Bupati Neneng), tersangka kasus suap perizinan Meikarta, Bekasi, Jawa Barat.

“Saya nelepon ke Dirjen saya sedang ada rapat dan disampaikan bahwa di dalam ruangan Dirjen ada Bupati,” kata Tjahjo, usai jalani pemeriksaan di gedung KPK.

Akan tetapi, Tjahjo mengatakan dirinya menelepon kala rapat telah selesai dan pembahasan perizinan proyek Meikarta tersebut telah disepakati. Yakni izin dikeluarkan oleh Bupati Bekasi atas rekomendasi Gubernur Jawa Barat.

Tjahjo mengaku saat dia menghubungi Dirjen Otonomi Daerah (Otda) Kemendagri Soni Soemarsono, dirinya memang meminta berbicara langsung dengan Bupati Neneng.

“Mana bu Nenengnya? Saya mau bicara, ya saya bicara,” tukasnya.

“Ya sudah kalau (perizinan) sudah beres semua segera proses sesuai aturan. (Kemudian dijawab Bupati Neneng) Baik pak sesuai aturan. Ya sudah itu aja,” ungkap Tjahjo menirukan percakapannya.

Arahan Tjahjo tersebut diberikan lantaran memang sudah kewajiban dia sebagai Mendagri.

“Ya itu kan tugas saya sebagai Mendagri,” ungkapnya.

Baca Juga:  BREAKING NEWS: Densus 88 Berhasil Tangkap Tiga Terduga Teroris di Tangerang

Sebelumnya, Bupati Neneng menyeret nama Tjahjo Kumolo dalam persidangan perkara suap perizinan proyek Meikarta. Neneng menyebut bahwa Tjahjo sempat meminta bantuannya untuk mengurus percepatan izin proyek pembangunan Meikarta.

Permintaan itu lanjut Neneng, disampaikan saat rapat di Dirjen Otda Kemendagri. Dirjen Otda Soni Soemarsono tiba-tiba menerima panggilan telepon dari Tjahjo, lalu menyerahkan telepon itu kepadanya.

Menurut Neneng, dalam pembicaraan via telepon itu, Tjahjo menyampaikan permintaan tolong terkait perizinan Meikarta.

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Berita Populer