Connect with us

Daerah

KPK Periksa Bupati Sumenep-Wakil Bupati dan 3 Pejabat Lainnya, Ini Jadwalnya

HOLIDI

Published

on

Bupati Sumenep, A. Busyro Karim (Doc. Net)

SUMENEP – JARRAK.ID – Bupati Sumenep, A Busyro Karim dan Wakil Bupati Sumenep, Achmad Fauzi; Sekda Sumenep, Edi Rasiyadi; Kepala Dinas Pendidikan Sumenep; Achmad Shadik dan Kepala Dinas PU Bina Marga Sumenep, Eri Susanto termasuk 5 dari 37 pejabat di Jawa Timur yang harta kekayaannya akan dicek oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Kegiatan pemeriksaan harta kekayaan akan dilakukan di Kantor Gubernur Jawa Timur mulai hari ini, (08/07/2019 sampai tanggal 12 mendatang.

Juru Bicara KPK, Febri Diansyah mengatakan bahwa pemeriksaan harta kekayaan bagian dari upaya pencegahan korupsi.

“Melalui kegiatan pemeriksaan ini diharapkan dapat diketahui kebenaran, keberadaan, dan kewajaran laporan harta yang disampaikan oleh penyelenggara negara,” ucap Febri, Senin, (08/07/2019) dilansir detikcom.

Dia menyatakan pemeriksaan ini sesuai dengan aturan pada UU 28 Tahun 1999 Pasal 5 angka 2 tentang Penyelenggaraan Negara yang Bersih dan Bebas dari Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme yang menyebut ‘Bahwa setiap PN berkewajiban untuk bersedia diperiksa kekayaanya sebelum, selama, dan setelah menjabat’. Pemeriksaan dilakukan dengan mengecek kelengkapan pendukung aset dan asal usul aset.

“Laporan harta kekayaan setidaknya memuat informasi mengenai aset yang dimiliki pejabat publik, penerimaan dan pengeluaran pejabat publik, penerimaan yang diterima pejabat publik, jabatan baik yang menghasilkan manfaat keuangan atau tidak dan identitas mengenai istri, anak dan orang-orang yang memiliki hubungan dengan penyelenggara negara,” ujar Febri.

Berikut jadwal pemeriksaan laporan kekayaan untuk lima pejabat di lingkungan Pemkab Sumenep.

Senin, 08 Juli 2019

1. Sekda Kabupaten Sumenep, Edy Rasiyadi.
2. Kadis PU Bina Marga, Eri Susanto.
3. Kadis Pendidikan, A. Shadik.

Kamis, 11 Juli 2019

1. Bupati Sumenep, A. Busyro Karim.
2. Wakil Bupati Sumenep, A. Fauzi.

Advertisement

Populer